Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan yang Tidak Disadari

Tujuh Kebiasaan Buruk Pemicu Kegemukan yang Tidak Disadari

. . 1 comment:
Kampungbaca.com - Kegemukan merupakan salah satu hal yang tidak diinginkan oleh hampir semua orang. Selain kurang menarik secara penampilan, kegemukan juga tidak baik dari segi kesehatan. Namun tidak banyak orang menyadari bahwa penyebab kegemukan tidak hanya dari faktor makanan saja, melainkan juga kebiasaan-kebiasaan tertentu yang sering kita lakoni dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang tidak ingin memiliki tubuh terlalu gemuk atau justru tengah berjuang untuk menurunkan berat badan, sebaiknya kroscek ulang kebiasaan-kebiasaan berikut ini:
Kegemukan
Kegemukan

1. Mengonsumsi Makanan Rendah Lemak Secara Berlebihan
Makanan rendah lemak memang baik untuk diet, namun jika dikonsumsi secara tidak tepat akibatnya juga kurang baik bagi kesehatan. Hasil penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa makanan rendah lemak justru dapat memicu kegemukan. Hal ini dikarenakan makanan rendah lemak sifatnya tidak mengenyangkan, sehingga secara tidak sadar kita telah mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

2. Melakukan Diet dengan Cara Salah
Seringkali bagi orang awam kurang memerhatikan jenis-jenis makanan yang mereka konsumsi. Alangkah baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi agar diberikan alternatif makanan yang bagus dan diperlukan oleh tubuh selama melakukan program diet sehingga dapat dicapai hasil yang diinginkan.

3. Jam Tidur Malam Kurang
Jumlah waktu tidur yang disarankan oleh banyak ahli kesehatan adalah delapan jam dalam sehari. Banyak begadang dan sering mengurangi jam tidur malam yang semestinya justru sangat tidak baik bagi kesehatan dan dapat memicu obesitas lebih cepat.

4. Mengonsumsi Minuman Bersoda
Dalam hal ini jika kita minum secara berlebihan antara satu hingga dua kaleng perharinya, secara signifikan dapat meningkatkan risiko kegemukan, terutama jika dilakukan setiap hari (kebiasaan) maka efeknya akan lebih cepat pula.

5. Makan terburu - buru.
Makan secara terburu-buru dapat memicu tambahan 66 kalori dalam tubuh seseorang dibanding mereka yang makan secara perlahan.

6. Makan Secara Berlebihan (Porsi Dobel)
Seringkali orang yang memiliki banyak beban pikiran atau stress cenderung ingin melampiaskannya dengan makan secara berlebihan tanpa, misalnya nyemil makanan dalam jumlah yang terlampau banyak tanpa disadari. Hal ini justru merupakan kebiasaan sangat buruk yang jelas menyebabkan kegemukan dalam waktu yang sangat cepat.

7. Kurang Minum Air Putih
Air dapat membantu meningkatkan kerja metabolisme dalam tubuh. Minumlah air putih sebanyak enam sampai delapan gelas atau setara dengan 2 - 3 liter dalam sehari. Jika metabolisme dalam tubuh tidak terganggu, maka proses pencernaan dan pengolahan makanan menjadi energi juga berjalan dengan lancar. Ototmatis tidak ada lagi sisa timbunan lemak yang dapat memicu kegemukan.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

1 comment:

Jangan membuat komentar spam, ya?.