Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Titik Pijat untuk Kurangi Stres dan Perbaiki Metabolisme

Tujuh Titik Pijat untuk Kurangi Stres dan Perbaiki Metabolisme

. . No comments:
Pikiran dan cara kita memvisualisasikan sesuatu akan berpengaruh terhadap dunia sekitar atau pola kehidupan kita sehari-hari. Selain itu, kecenderungan kita dalam berpikir juga akan berdampak cukup signifikan terhadap kesehatan tubuh secara fisik. Oleh karena itu, tidak mengherankan jjika orang yang bahagia dengan ikhlas dan selalu berpikir positif cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat.

salah satu penyebab utama seseorang tidak bisa bahagia dalam hidup adalah karena beban pikiran atau tidak mampu mengelola stress secara efektif, baik, dan benar. Stress memang tidak dapat dihindari, setiap manusia yang hidup pasti akan mengalami satu titik masalah yang membuat pikiran merasa tertekan atau stress. Namun bukan berarti beban pikiran tersebut tidak dapat diatasi, ada berbagai macam usaha dan upaya yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kondisi-kondisi tersebut. Salah satu cara yang akan kita praktekkan kali ini adalah dengan menggunakan metode refleksiologi.

Menekan titik-titik pada bagian tubuh tertentu ternyata juga dapat mengurangi ketegangan pikiran dan membuat tubuh menjadi semakin santai dan fleksibel. Refleksiologi dapat memengaruhi organ-organ, kelenjar, dan setiap bagian tubuh dengan merangsang daerah reflex (titik meridian) pada kaki, tangan, wajah, dan telinga. Ada ribuan saraf yang terhubung di tubuh kita, bahkan di area kaki sendiri ada 15.000 sistem saraf yang terhubung langsung dengan semua organ lain di dalam tubuh.

Banyak orang mencari kenyamanan diri dengan jalan pintas, hal ini pada akhirnya justru akan berdampak negative terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup sendiri. Melalui pijat refleksi kaki ini kita akan belajar bagaimana cara menurunkan tingkat stress sekaligus menyehatkan system metabolisme tubuh secara alami. Dengan menstimulasi area di kaki seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, maka kita akan merasakan dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Untuk melakukan pijatan, gunakan ibu jari atau jari telunjuk untuk menekan pada masing-masing titik selama lima detik.
Titik pijat pada kaki
Titik pijat pada telapak kaki
Note: Gambar di atas merupakan titik pijat dari telapak kaki kiri.

  • Titik di bagian luar jempol kaki (HYPOTHALAMUS GLAND), mengontrol nafsu makan dan haus;
  • Pusat jempol kaki (PITUITARY GLAND ATAU ‘MASTER GLAND’), merangsang sekaligus menyeimbangkan sekresi hormone dari semua kelenjar lainnya;
  • Bagian bawah jempol kaki (THYROID GLAND), mengatur metabolism dalam tubuh;
  • Di bawah tulang tengah kaki (SOLAR PLEXUS/DIAPHRAGM), mengurangi stress;
  • ADRENAL GLAND, membantu menjaga tingkat energy untuk membakar kalori;
  • Menstimulasi system urin (URINARY BLADDER), akan membantu melepaskan air kencing yang tertahan di saluran kandung kemih;
  • Berada di bagian bawah kaki (COLON AND INTESTINES), menekan pada bagian ini akan membantu mendorong mengurangi dan menghilangkan sakit kembung.

Lakukan pijat refleksi secara teratur, misalnya dua sampai tiga kali dalam sehari (pagi dan sore) untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.