Index Labels

Home » Sains» Ingin Anak Cerdas? Perbanyak Makan Buah-buahan Saat Hamil

Ingin Anak Cerdas? Perbanyak Makan Buah-buahan Saat Hamil

. . 1 comment:
Siapa orangtua yang tidak ingin memiliki anak cerdas dan istimewa? Semua orangtua pasti setuju dan mengharapkan akan hal itu. Memiliki keturunan yang cerdas, berbakat, dan berakhlak merupakan dambaan utama bagi para orangtua. Oleh karena itu, berbagai usaha dan upayapun dilakukan guna mewujudkan impian tersebut. Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti di University of Alberta, menemukan bahwa makan buah-buahan saat hamil ternyata berdampak bagus dalam meningkatkan kecerdasan si jabang bayi yang masih dalam kandungan, nantinya.
Makan apel
Makan apel
Dengan melakukan penelitian terhadap 688 anak-anak yang merupakan bagian dari kelompok Canadian Healthy Infant Longitudinal Development, diperoleh hasil penelitian yang menyebutkan bahwa setiap porsi tambahan makanan buah-buahan yang dikonsumsi oleh para ibu setiap harinya selama masa kehamilan, berhubungan dengan skor koginitf (kecerdasan otak) anaknya satu tahun setelah dilahirkan. Jadi tidak hanya ikan-ikanan saja yang dapat meningkatkan kecerdasan kognitif anak, seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang hingga kini.

Dr. Piush Mandhane, seorang professor pediatric di University of Alberta, mengatakan bahwa di abegitu sangat terkejut dengan hubungan yang kuat antara mengonsumsi buah-buahan pada ibu hamil dengan peningkatan nilai kognitif anaknya. Namun begitu, Mandhane menegaskan bahwa hasil penelitian belum boleh dijadikan acuan utama selain hanya sebagai saran kedua.

“Tentu kami tidak ingin para ibu hamil kemudian pergi keluar dan membeli banyak buah-buahan. Ini baru studi tunggal, kami belum melihat efek kesehatannya dari mengonsumsi banyak buah-buahan”. Kata Dr. Mandhane.

Karena para peneliti juga mempertimbangkan bahwa terlalu banyak makan buah-buahan selama kehamilan kemungkinan dapat meningkatkan risiko seorang wanita terkena diabetes gestasional atau bisa pula menyebabkan berat badan berlebih. Akhirnya, Dr. Mandhane menyarankan kepada para ibu hamil agar mengonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang dianjurkan pemerintah (USA), yaitu antara satu setengah sampai dua cangkir buah perhari.

Penelitian tersebut juga menemukan sekitar 50% ibu hamil bahkan tidak mengonsumsi jumlah buah sesuai yang direkomendasikan pemerintah. Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi buah-buahan, Direktur Good Housekeeping Institute Nutrition, Jaclyn London, menyarankan agar menambahkan satu porsi sebagai hidangan saat sarapan, sebagai salad saat makan siang, dan makanan ringan untuk sore harinya. Buah merupakan sumber menakjubkan yang kaya akan kandungan fitonutrien, antioksidan, vitamin, dan mineral serta prebiotik alami. Kesemuanya itu berperan dalam meningkatkan funsgi kognitif baik in-vitro maupun in-vivo.

Sumber: Goodhousekeeping
Advertisement:

Advertisement:

1 comment:

  1. Memang benar tuh, jika ingin anak cerdas memang harus banyak makan buah-buahan. karena buah terdapat kandungan yang sangat baik untuk cabang baik.

    ReplyDelete

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...