Index Labels

Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Sering Diabaikan, Murbei Ternyata Obat Beragam Penyakit Ini

Sering Diabaikan, Murbei Ternyata Obat Beragam Penyakit Ini

. . No comments:
Tidak terlalu sulit untuk menemukan tanaman murbei di sekitar kita. Tanaman ini banyak tumbuh subur di tanah tropis seperti halnya Indonesia. Namun tidak banyak masyarakat yang tahu jika murbei sebenarnya adalah tanaman obat sehingga seringkali diabaikan begitu saja, bahkan ada yang menganggapnya sebagai tanaman pengganggu (hama) bagi tanaman-tanaman lain yang dianggap lebih penting. Jika demikian, mungkin Anda perlu tahu mengenai fakta sebenarnya. Disamping banyak manfaat kesehatan lainnya, yang terpenting adalah, murbei ternyata dapat mengobati penyakit tumor, diabetes, dan tekanah darah tinggi (hipertensi).
Tanaman murbei
Tanaman murbei
Penutur sejarah mengatakan bahwa murbei ini aslinya tanaman dari China. Lantas kemudian diperkenalkan ke Amerika Serikat pada masa colonial, dalam upaya untuk membangun industry kain sutra (pengembangbiakan ulat sutra). Karena selain diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan, tanaman murbei (dalam hal ini adalah murbei jenis putih) juga seringkali digunakan untuk keperluan industry. Kayu murbei yang sangat fleksibel dan tahan lama biasa digunakan untuk membuat raket tenis, tongkat khusus, furniture, dan bahkan perahu.

Oleh pakar kesehatan, murbei putih telah diteliti memiliki manfaat ajaib yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, flu serta gejala-gejalanya, masalah nyeri otot dan sendir seperti arthritis, sembelit, pusing, telinga berdenging, rambut rontok, hingga rambut beruban premature (beruban di usia muda).

Fakta tentang Kandungan Vitamin dan Mineral Buah Murbei

Senyawa penting yang ditemukan dalam murbei putih memiliki cara kerja yang mirip dengan beberapa obat-obatan yang digunakan untuk diabetes tipe 2. Senyawa ini berfungsi dalam memperlambat pemecahan gula dalam usus dan memungkinkannya untuk diserap lebih lambat dalam darah. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang diinginkan (normal). Murbei putih mengandung asam organic, vitamin C yang tinggi, karoten, pectin, serat, gula invert, resin, dan lain-lain. Kandungan bahan aktif tersebut dapat membantu masalah kesehatan seperti tonsillitis, batuk, demam, diare, sakit kepala dan peradangan.

Selain itu, murbei juga kaya akan antioksidan alami. Jika dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi masalah kolesterol dalam darah, dan dalam jangka waktu panjang dapat membantu menyembuhkan masalah penyakit terkait jantung. Ada sebuah studi menarik yang dilakukan di University of Texas, para peneliti menemukan bahwa murbei putih mengandung resveratrol alami, yaitu sebuah fenol alami yang efektif dalam memerangi beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Murbei putih memang terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun kemampuan tanaman ini yang dapat menurunkan kadar gula darah secara cepat dan efektif cukup menarik perhatian banyak peneliti. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak murbei putih secara efektif dapat membantu tubuh dalam memproses gula dalam darah.  Seperti yang telah diketahui, ada beberapa masalah kesehatan yang akan muncul ketika tubuh kita kelebihan kadar gula, termasuk diantaranya obesitas, diabetes, peradangan, dan lain-lain. Baik jenis murbei yang memiliki warna putih, merah, maupuh hitam, semuanya sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang sama dan alami. Tidak ada salahnya untuk menanam semua jenis murbei ini di pekarangan rumah kita.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.