Index Labels

Home » Kesehatan» Tiga Cara Sederhana Menenangkan Pikiran yang Sedang Ruwet

Tiga Cara Sederhana Menenangkan Pikiran yang Sedang Ruwet

. . No comments:
Setiap orang pasti pernah mengalami situasi dimana pikiran sedang ruwet tak menentu, Orang Jawa biasa menyebutnya dengan istilah “pikiran budeg”, karena memikirkan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari sekaligus. Pusing mikirin pekerjaan menumpuk yang tak kunjung kelar, pusing mikirin kebutuhan hidup sehari-hari yang kian bertambah namun tidak sebanding dengan hasil pendapatan sebagai karyawan swasta misalnya, dan berbagai macam pemicu pikiran budeg lainnya.
pikiran ruwet
Ilustrasi pikiran ruwet
Tahukah Anda, semua problematic kehidupan tersebut sumbernya adalah dari diri kita sendiri, bukan dari orang lain, bukan dari benda, dan bukan pula factor dari kesialan. Bagaimana cara kita berpikir, bagaimana cara kita menanggapi suatu peristiwa, tingkat sensitivitas (trempamental atau penyabarkah?), dan tentunya kemampuan kita dalam mengambil suatu keputusan, sangat berpengaruh besar terhadap drama kehidupan yang kita jalani. Untuk itulah sejenak mari kita coba tenangkan pikiran yang sedang semerawut, mengerjakan sesuatu dalam kondisi seperti ini akan berpengaruh kurang maksimal terhadap hasil yang didapatkan. Tips sederhana ini saya tulis dari pengalaman pribadi, bagaimana cara mengatasi pikiran yang sedang ruwet dan merubah segala sesuatunya menjadi lebih menyenangkan dalam waktu yang relative singkat. Berikut adalah:

1. Berhenti Sejenak dengan Pekerjaan yang Anda Lakukan Saat Ini
Hentikan segala apapun aktivitas yang Anda lakukan saat ini dan  cobalah tarik nafas dalam-dalam secara perlahan. Terus lakukan beberapa kali tarikan nafas sambil pikiran difokuskan untuk mengikuti proses masuk dan keluarnya nafas dari hidung. Rsakan dan nikmati setiap sensasinya, jika bulu kuduk tiba-tiba merinding, syuykurlah nikmati saja. Meskipun tampak sederhana, teknik ini terbukti dapat membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih tenang dan damai.

2. Jalan-jalan Santai atau Melihat Pemandangan Alam
Saat pikiran sedang rumit dan begitu kacau, hal ini akan berdampak pula terhadap kesehatan tubuh fisik maupun mental. Karena saat kita sedang stress, maka kekebalan tubuh akan langsung menurun drastis pada saat itu. Untuk itu, jangan sampai Anda sakit gara-gara mikirin masalah hidup yang tak menentu. Jika ini mulai terjadi, lakukanlah jalan-jalan santai di taman sambil melakukan beberapa peregangan otot ringan atau bisa pula bertemu dengan teman dan sahabat sambil ngobrol-ngobrol dalam suasana yang tenang.

3. Catat dalam Buku Catatan Apapun yang Menjadi Beban Pikiran Anda Saat Ini
Tak perlu memikirkan tulisan yang indah dan rapi seperti tulisan pada buku atau artikel, tulis langsung saja apa adanya dalam secarik kertas perihal apapun yang menjadi permasalahan dalam pikiran Anda. Karena pada saat kita menuliskan suatu masalah, maka secara tidak langsung kita tengah berkomunikasi dengan alam bawah sadar kita sendiri. Seringkali solusi akan Nampak begitu saja kemudian tanpa kita paksa-paksa dalam situasi dan kondisi yang tidak terduga-duga. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa berlangganan artikel melalui Facebook atau Google+ pada tombol di atas. Infromasi-informasi menarik dan bermanfaat akan kami sajikan setiap hari untuk Anda. Terimakasih…

Advertisement:

Advertisement:

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...