Index Labels

Home » Kesehatan» Sains» Usia Pertama Kali Menstruasi Tunjukkan Harapan Hidup Wanita?

Usia Pertama Kali Menstruasi Tunjukkan Harapan Hidup Wanita?

. . No comments:
Coba ingat-ingat kembali, berapa usia Anda waktu itu saat pertama kali menstruasi atau datang bulan?. Ada sebuah penelitian baru-baru ini yang mengklaim bahwa usia seorang wanita mendapatkan menstruasi pertamanya dapat menunjukkan informasi mengenai berapa lama ia memiliki harapan hidup. Penelitian yang mengikutsertakan 16.000 wanita tersebut mengungkapkan sejumlah hasil yang sangat mengejutkan.
Ilustrasi gambar
Ilustrasi gambar
Penelitian yang dilakukan langsung oleh sekelompok ilmuan dari University of California di San Diego tersebut menemukan bahwa orang yang mengalami awal menstruasi lebih lambat, dalam artian usianya lebih tua dari biasanya, kemungkinan memiliki harapan hidup hingga mencapai usia 90 tahun.

Mempelajari sumber data penelitian dari the Women’s Health Iniative, yang diikuti sebanyak 16.000 wanita postmenopause, para ilmuan menemukan bahwa mereka yang mengalami menstruasi awal setelah usia 12 tahun kemungkinan besar memiliki harapan hidup yang lebih lama (panjang umur).

Penelitian ini juga memberikan wawasan mengenai umur orang berdasarkan usia mereka saat pertama kali mengalami masa menopause. Dari hasil penelitian tersebut disebutkan, wanita yang mengalami menopause lebih lambat atau di atas usia 50 tahun juga memiliki kemungkinan besar berusia di atas 90 tahun. Namun begitu, para peneliti belum bisa memastikan apa yang memengaruhi usia pertama kali dan akhir menstruasi  (menopause) dengan rentang hidup seorang wanita. Anehnya lagi, tipe wanita seperti ini juga tidak ditemukan merokok atau memiliki penyakit diabetes dibanding mereka yang menstruasi awal atau menopasuse  lebih cepat.

Ketua penelitian, Aladdin Shadyab mengatakan: “Tim kami menemukan bahwa wanita yang mengalami menstruasia wal lebih lambat memiliki kemungkinan sangat kecil mengalami masalah kesehatan tertentu seperti penyakit jantung koroner. Dan wanita yang mengalami menopause lebih lambat cenderung memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik. Hal ini pulalah yang mungkin menjadi penjelasan mungkin untuk temuan kami tersebut”.

Beberapa factor seperti merokok dan gaya hidup buruk lainnya dapat merusak system kardiovaskular dan ovarium. Hal ini pula yang menjadi pemicu menopause lebih awal. Wanita yang mengalami menopause lebih lambat dan memiliki usia reproduksi lebih lama kemungkinan memiliki resiko sangat kecil mengalami masalah kardiovaskular.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.