Index Labels

Home » Kesehatan» Enam Makanan yang Membantu Anda Tidur Pulas dan Nyenyak

Enam Makanan yang Membantu Anda Tidur Pulas dan Nyenyak

. . No comments:
Tips Agar Tidur Pulas dan Nyenyak - Selamat pagi Sobat Kampungbaca.com. Mengingat aktivitas kian hari bertambah padat membuat tenaga dan pikiran menjadi semakin terkuras. Oleh karena itu, istirahat diperlukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan prima. Istirahat merupakan cara yang paling efektif untuk mengembalikan stamina yang telah hilang. Waktu istirahat yang paling tepat adalah di malam hari, karena pada saat itu kita bisa tidur dengan tenang dan nyaman hingga esok pagi. Tidur di malam hari sangatlah penting untuk mengistirahatkan sejenak seluruh organ tubuh dan pikiran sebelum digunakan kembali untuk bekerja. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati tidurnya dengan nyenyak dan pulas, disebabkan karena berbagai hal, bisa karena faktor psikologis dan non-psikologis (fisik).
Anak kecil tidur pulas
Anak kecil tidur pulas
Baca juga: Tujuh Manfaat Kesehatan Mandi Air Hangat di Sore Hari

Sobat kampungbaca.com. Normalnya manusia itu memerlukan waktu tidur dengan durasi antara 7 - 8 jam. Jika kita mampu memenuhi kualitas tidur yang bagus, maka ketika bangun pagi, tubuh terasa lebih segar dan bugar. Sebaliknya, jika kita kurang tidur atau tidak nyenyak saat tidur, maka saat bangun pagi tubuh akan terasa sakit dan pegal-pegal. Banyak hal yang dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang, salah satunya adalah dari jenis makanan yangia makan. Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur:

1. Susu hangat
Membiasakan minum segelas susu hangat sebelum beranjak tidur dapat membuat kita tidur dengan nyenyak. Pasalnya didalam susu mengandung suatu senyawa tryptophan yang berfungsi untuk merangsang tidur supaya lebih pulas.

2. Gandum
Siapa sangka, gandum ternyata juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dikarenakan dalam gandum terdapat magnesium, vitamin B12 serta B6 yang bisa membuat sobat kampungbaca.com tidur lebih pulas.

3. Sayuran
Selain kedua poin diatas. Sayuran juga dapat membantu tidur malam Anda jadi lebih pulas. Beberapa sayuran yang mengadung tryptphan yaitu selada, brokoli, serta bayam, dan lain-lain.

4. Pisang
Tidak perlu mengonsumsi obat tidur, cukup dengan makan pisang dapat membantu Anda tidur dengan pulas. Pasalnya di dalam pisang terdapat banyak kandungan kalium dan magnesium yang berfungsi untuk mengendurkan otot dan syaraf sehingga tidur menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

5. Daging Kalkun
Kalkun masih tergolong dari keluarga unggas. Daging kalkun ternyata dapat membantu kinerja tidur malam menjadi lebih berkualitas. Karena di dalam dagingnya terdapat asam amino tryptophan yang bisa membuat tidur malam lebih pulas.

6. Popcorn
Mengonsumsi pocorn dalam jumlah sewajarnya ternyata juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Hal ini karena popcorn memiliki kandungan karbohidrat dan keju. Kandungan dari kedua bahan tersebut membuat tidur malam Anda makin pulas.

Tentunya, makanan-makanan di atas tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, namun cukup seperlunya saja. Karena apapun yang sifatnya berlebihan pasti akan berdampak buruk pada akhirnya. Semoga bermanfaat....
Advertisement:

Advertisement:

Komentar Anda masuk "Moderasi Admin" sebelum ditampilkan...