Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Lima Alasan Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Berwarna Putih

Lima Alasan Kenapa Pesawat Terbang Kebanyakan Berwarna Putih

. . 2 comments:
Berkat adanya pesawat terbang, perjalanan antar Negara kini dapat dilakukan dengan cepat, bahkan hanya dalam hitungan menit atau beberapa jam kita sudah sampai ke suatu tempat tertentu yang sangat jauh jaraknya. Teknologi pesawat terbang memang membuat segalanya menjadi lebih cepat dan mudah. Yang perlu kita lakukan hanya memesan tiket dan siap terbang kemanapun yang kita mau.
Pesawat Terbang
Pesawat Terbang
Namun pernahkah terbersit pertanyaan di dalam benak pikiran Anda, kenapa pesawat terbang kebanyakan berwarna putih?. Well, ada beberapa alasan praktis yang dapat menjelaskan fakta menarik dibalik semua itu. Kami yakin hal ini belum pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya. Berikut ini lima alasan kenapa pesawat terbang kebanyakan berwarna putih, Check it out!

1. Meminimalisir atau Mengurangi Biaya Operasional
Lebih banyak warna yang digunakan untuk mengecat badan pesawat terbang cenderung akan memangkas biaya operasional lebih besar pula. Akhirnya untuk mengurangi pengeluaran biaya berlebih, dipilihlah warna putih karena lebih murah. Itupun untuk sekali pengecatan pesawat dengan warna putih memerlukan biaya sekitar $50,000 sampai $200,000 atau sekitar Rp658 juta sampai Rp2,63 miliar.

2. Keuntungan Termal (Menjaga Suhu Badan Pesawat)
Putih sebagai warna utama body pesawat terbang memiliki manfaat khusus yang berkaitan dengan termal. Penelitian mengklaim bahwa warna yang berbeda (selain putih) menyerap lebih panjang gelombang cahaya dan membuat objek (pesawat terbang) menjadi lebih cepat panas. Jadi dengan pemilihan warna putih tersebut, suhu di dalam ruangan pesawat akan sedikit lebih terjaga.

3. Masalah Visibilitas
Putih adalah warna yang dapat dengan mudah terlihat di langit maupun di tanah. Tidak hanya itu saja, warna putih juga akan memudahkan pengecekan badan pesawat jika ditemukan ada korosi, retak, maupun celah kerusakan lain yang terlihat.

4. Penjualan Mudah
Warna putih lebih praktis dan ekonomis dalam hal penjualannya. Karena yang perlu dilakukan hanya mengecatnya ulang dan menjualnya ke pemilik baru.

5. Keuntungan Syarat dan Ketentuan Penyewaan (Leasing)
Sebagian besar pesawat terbang umumnya disewa oleh perusahaan maskapai karena mayoritas perusahaan penerbangan tidak memiliki pesawat penerbangan sendiri. Mereka sering menyewa dari perusahaan penyewaan pesawat terbang besar. Dengan begitu, hal ini akan memudahkan syarat dan ketentuan dari para pemilik bisnis (penyewa) jika mereka ingin merubah atau menambahkan logo pada pesawat.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

2 comments:

  1. "kenapa badan pesawat terbang rata-rata kebanyakan selalu dicat berwarna putih?" Judul dan isi artikelnya tidak cocok. Artikel ini sangat tidak bermanfaat👎👎👎

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas koreksinya...

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.