Index Labels

Home » Kesehatan» Masalah Kesehatan Mental yang Lebih Banyak Dialami Wanita

Masalah Kesehatan Mental yang Lebih Banyak Dialami Wanita

. . No comments:
Pada dasarnya, baik pria maupun wanita akan mengalami masalah kesehatan mental  yang sama. Akan tetapi, ada masalah gangguan mental tertentu yang cenderung lebih banyak atau sering dialami wanita dibandingkan pria. Hal ini sudah banyak diketahui bahwa wanita memang selalu berbeda dalam segala hal, entah itu dari pemikiran, perasaan, perlakuan, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui fakta ini, kita bisa memahami dan sedikit menggali misteri terkait seperti apa wanita itu sebenarnya? Berikut ini beberapa kondisi mental yang lebih rentan dialami wanita:
Masalah wanita
Masalah wanita
1. Gangguan Stress Pascatrauma
Penting buat kita (terutama laki-laki) ketahui bahwa wanita itu lebih rentan sekali menderita gangguan stress pascatrauma terkait masalah tertentu yang dialaminya. Penelitian membuktikan, wanita merasakan dampaknya dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan, wanita seringkali yang menjadi subjek (korban), terutama yang berhubungan dengan pengalaman trauma seksual yang buruk.

2. Gangguan Kecemasan
Masalah kesehatan mental lainnya yang lebih banyak dialami wanita adalah kecemasan. Termasuk juga gangguan lain yang berkaitan dengan kecemasan seperti panic, ketakutan berlebih, perasaan khawatir yang tidak menentu dan phobia. Penelitian telah membuktikan bahwa perempuan berpotensi dua kali lipat lebih mungkin mengalami gangguan ini dibanding pria. Ada hormone tertentu pada tubuh wanita, dikatakan oleh para ahli, yang dapat memicu gangguan kecemasan.

3. Depresi
Wanita lebih rentan menderita depresi dibanding laki-laki. Hal ini disebabkan wanita mengalami fluktuasi dan ketidakseimbangan hormonal sepanjang hidupnya, baik itu selama menstruasi, kehamilan, dan menopause. Perubahan biologis yang berlangsung selama umur hidup mereka cenderung menyebabkan depresi. Wanita diketahui menjadi sangat sentimental dan mudah sekali terpengaruh dengan apa yang diomongkan orang lain, meskipun tujuannya hanya bercanda sekalipun. Hal ini pula yang menyebabkan wanita rentan depresi. Jadi hati-hati ya kalau berbicara dengan wanita, dijaga tutur katanya.

4. Gangguan Makan
Wanita diketahui menderita gangguan makan lebih banyak dibandingkan pria. Wanita lebih terobsesi dengan berat badan, bentuk atau postur tubuh, dan penampilan fisik secara keseluruhan. Hal ini membuat mereka seringkali selalu merasa kurang puas dengan tampilan fisik yang dimilikinya, meskipun sebenarnya tidak ada yang kurang atau sudah terlihat cukup cantik dari luar. Para ahli menemukan bahwa penderita bulimia dan anoreksia kebanyakan adalah para wanita.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.