Index Labels

Home » Kesehatan» Pijat Titik Ini untuk Menurunkan Darah Tinggi dalam 5 Menit

Pijat Titik Ini untuk Menurunkan Darah Tinggi dalam 5 Menit

. . 1 comment:
Tekanan darah tinggi seringkali berhubungan dengan masalah peningkatan stress, kurangnya waktu tidur, obesitas, makan-makanan yang tidak sehat, dan kebiasaan buruk (seperti merokok dan minum-minuman keras). Pada suatu kondisi fisik dan mental tertentu, rata-rata hampir semua orang pernah mengalami tekanan darah yang tiba-tiba meningkat (hipertensi). Di bawah tekanan (stress) atau saat melakukan kegiatan fisik yang berlebihan, otomatis otot-otot akan menjadi tegang dan pembuluh darah juga mengencang. Tekanan aliran darah yang meningkat secara tidak wajar tersebut akan menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh, yang disebut dengan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Ditandai kepala yang terasa sangat pusing dan perasaan tidak nyaman.
Titik yang dipijat
Untuk mengatasi gangguan tekanan darah tinggi yang bisa datang sewaktu-waktu, Anda tidak perlu khawatir atau bahkan selalu membawa obat-obatan kimia tertentu sebagai jaga-jaga. Solusinya adalah dengan menggunakan teknik pijatan alamiah ini. Ada dua titik pada tubuh yang harus dipijat untuk mengurangi atau menurunkan tekanan darah tinggi, seperti yang dijelaskan lebih detail di bawah ini:

Titik yang Pertama (1) – Sebenarnya ini bukan sepenuhnya satu titik di tempat, melainkan titik berupa garis yang berada di area kepala bagian tengah (ubun-ubun/mbun-mbun-an) menuju ke tengah otot tulang leher. Bagian ini sebenarnya tidak boleh dipijat atau ditekan terlalu kuat karena terdapat titik-titik syaraf yang sensitive. Untuk itu, Anda cukup  mengurutnya dengan intensitas ringan saja menggunakan ujung jari tangan. Dimulai tepat pada titik ubun-ubun, lalu diurut ke belakang menuju bagian tengah leher sesuai garis. Ulangi prosedur ini sebanyak 10 kali pada satu arah dan 10 kali pada arah yang berlawanan.

Titik yang Kedua (2) – Titik ini terletak di wajah dekat telinga atau setengah centimeter di depan dari telinga bagian bawah (tempat anting-anting). Pijatlah bagian ini (boleh dipijat cukup keras asalkan tidak sampai menyakitkan) dengan ujung jari selama satu menit di masing-masing sisi. Setelah melakukan pijatan sederhana ini, tekanan darah akan normal kembali. Boleh juga digabungkan dengan pijatan pada artikel Cara Menurunkan Tekanan darah Tinggi Tanpa Obat.

Menurut pengobatan China, terutama yang berkaitan dengan pijat syaraf atau refleksi, hal yang paling penting adalah mengetahui titik tepat alirah darah pada otot dan jaringan tubuh lainnya. Jika ada aliran darah tertentu pada tubuh yang terganggu atau tidak lancar, maka akan timbul suatu penyakit pada titik atau yang berkaitan dengan titik aliran darah tersebut. Dan untuk menormalkannya kembali, maka bisa diupayakan dengan salah satu cara yaitu pijat refleksi atau akupresur. Memijat titik tertentu pada tubuh akan mendorong atau memompa aliran-aliran darah yang tidak lancar. Semoga bermanfaat...
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

1 comment:

  1. Hmm sangat bermanfaat sekali. Ketika saya praktikkan ternyata susah juga ternyata :)

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.