Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Hal yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan Setelah Makan

Tujuh Hal yang Seharusnya Tidak Anda Lakukan Setelah Makan

. . No comments:
Aktivitas apa yang biasa Anda lakukan setelah makan? Jalan-jalan sebentar, membaca buku, nonton televisi, atau mungkin istirahat sejenak sebelum tidur. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan uniknya masing-masing yang berbeda. Namun tahukah Anda, ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan setelah makan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Tidak jarang peyakit yang kita alami sebenarnya diakibatkan karena pola makan buruk tanpa disadari. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda hindari setelah makan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan:
Kebiasaan buruk setelah makan adalah merokok
Kebiasaan buruk setelah makan adalah merokok
1. Merokok
Dalam kehidupan masyarakat kita, kebiasaan merokok setelah makan lumrah dilakukan, bahkan sudah dianggap wajar dan seolah-olah tidak berdampak apa-apa. Namun tahukah Anda, kebiasaan seperti ini ternyata memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan. Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat mengganggu proses pencernaan dan juga menyebabkan terjadinya penyerapan zat karsinogen (penyebab kanker) lainnya ke dalam tubuh.

2. Mandi
Langsung mandi setelah makan dapat menyebabkan fungsi pencernaan berkurang. Hal ini disebabkan karena mandi itu sendiri dapat memperlambat aliran darah dalam tubuh. Sehingga darah yang tersedia untuk proses pencernaan menjadi sedikit.

3. Makan buah-buahan
Hal selanjutnya yang harus Anda hindari setelah makan adalah mengonsumsi buah-buahan. Hal ini disebabkan, buah-buahan membutuhkan tipe enzim yang berbeda untuk dicerna oleh tubuh. Sehingga dampaknya sudah pasti buah-buahan yang kita makan sehabis makan tidak diserap dengan baik oleh tubuh.

4. Minum teh
Siapa sangka, langsung meminum teh setelah makan ternyata juga berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat yang terdapat dalam teh mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dengan baik dari makanan yang baru saja Anda makan.

5. Duduk dalam jangka waktu lama
Kebiasaan sepele yang sering dilakukan orang ini ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Duduk berlama-lama sesaat setelah makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan perut membuncit dan memicu risiko penyakit berbahaya.

6. Berolahraga terlalu keras
Jangan sekali-kali setelah makan kenyang, kita langsung melakukan gerakan olahraga yang cukup keras seperti misalnya push-up, lompat tali, atau bahkan angkat besi. Hal ini dapat menyebabkan reflex asam, perut sakit (sunduk’an orang Jawa bilangnya), mual-mual , dan bahkan yang paling fatal, usus pecah.

7. Berbaring
Hindarilah kebiasaan langsung  berbaring sesaat setelah makan, karena hal ini dapat menyebabkan makanan kembali naik dan pada gilirannya akan menyebabkan reflex asam.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.