Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Tips Mencegah Perut Kram Jelang Menstruasi

Tujuh Tips Mencegah Perut Kram Jelang Menstruasi

. . No comments:
Sakit perut memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Bahkan saat menjelang menstruasi, seorang wanita pada umumnya akan mengalami berbagai masalah yang berkaitan dengan perut seperti konstipasi, kembung, diare, dan perut kram. Kondisi seperti ini seringkali juga akan berpengaruh terhadap suasana hati (mood), yang membuat mereka tiba-tiba menjadi lebih sensitive dan temperamental dari biasanya.
Sakit perut menjelang menstruasi
Sakit perut menjelang menstruasi
Sebenarnya berbagai masalah yang berkaitan dengan sakit perut menjelang menstruasi dapat dicegah atau paling tidak diminimalisir. Estrogen dan progesterone adalah dua hormone yang berkaitan dengan siklus bulanan wanita. Progesterone diketahui dapat memengaruhi system pencernaan dan hal ini disinyalir bisa menyebabkan sembelit. Gejala yang berkaitan dengan sakit perut biasanya baru akan reda dengan sendirinya setelah menstruasi berjalan normal. Untuk mencegah sakit perut saat menjelang menstruasi, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

# Tips 1
Lihat tanggal periode menstruasi (datang bulan) Anda. Paling tidak satu minggu menjelang menstruasi, mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan serat atau lebih lagi jadikan makanan berserat sebagai menu diet sehari-hari. Hal ini cukup ampuh untuk mencegah konstipasi menjelang menstruasi.

# Tips 2
Hindari makanan apapun yang mengandung terlalu banyak garam dan gula. Jauhi jenis makanan yang diproses (makanan kemasan) menjelang datang bulan. Karena kedua hal tersebut dapat berdampak terhadap system pencernaan dan hormone.

#Tips 3
Pastikan Anda melakukan cukup aktivitas fisik atau berolahraga karena hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan system pencernaan.

# Tips 4
Jauhi minuman beralkohol dan rokok karena keduanya dapat memengaruhi system pencernaan.

# Tips 5
Cukupi kebutuhan minum air Anda. Karena air yang kita minum tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga saja. Lebih dari itu, air sangat penting untuk mengatur system pencernaan dalam tubuh dan melancarkan aliran darah.

# Tips 6
Mengonsumsi buncis dan kacang polong dapat mengurangi risiko kemungkinan sembelit. Karena kedua jenis makanan ini dapat melewati pencernaan kita dengan mudah. Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan makanan ini ke dalam daftar diet Anda.

#Tips 7
Selalu ingat petuah lama yang mengatakan: “Jika sakit terus berlanjut, segera hubungi dokter”. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kesehatan jika tips di atas tidak bisa mengatasi permasalahan Anda. Terlebih jika sakit perut merupakan penyakit yang biasa anda alami dalam kehidupan sehari-hari, maka dokter akan menyarankan solusi yang tepat buat Anda.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.