Index Labels

Home » Kesehatan» 9 Manfaat Luar Biasa Teh Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

9 Manfaat Luar Biasa Teh Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

. . 1 comment:
Pohon jambu biji cukup mudah ditemukan dan banyak tumbuh subur di semua wilayah tropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jambu biji sangat kaya akan serat dan vitamin C. Namun selain buahnya, daun jambu biji juga berkhasiat sebagai ramuan obat herbal untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah sebagai obat diare secara alami, yaitu dengan cara menyampurkan beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda dan ditambahkan sedikit garam, untuk kemudian dikonsumsi.
Teh daun jambu biji
Teh daun jambu biji
Orang umumnya mengetahui khasiat daun jambu biji hanya sebatas sebagai obat sakit perut saja. Padahal lebih dari itu, daun jambu biji jika diolah secara benar dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan beragam penyakit, bahkan kanker. Daun jambu biji dapat diolah menjadi teh kesehatan untuk dikonsumsi setiap hari. Untuk membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun jambu biji secukupnya. Kemudian daun tersebut dicuci dengan air agar terbebas dari kotoran dan debu yang menempel

Langkah selanjutnya, daun yang sudah dicuci bersih tadi kemudian dimasak atau direbus dengan air sampai mendidih. Rebusan daun jambu biji lalu disaring, daunnya dibuang dan airnya untuk diminum seperti halnya teh namun tanpa perlu ditambah gula. Manfaat apa saja yang Anda dapatkan dari mengonsumsi teh daun jambu biji ini? Berikut beberapa diantaranya:

1. Mencegah dan Membantu Mengobati Penyakit Diabetes


Beberapa penelitian membuktikan bahwa teh daun jambu biji sangat bagus untuk menjaga tingkat kadar gula dalam darah tetap normal. Oleh karena itulah, mereka yang memiliki masalah diabete sangat disarankan untuk mengonsumsi teh ini setiap hari. Bahkan di Jepang, mengonsumsi teh daun biji merupakan salah satu metode alami paling banyak digunakan untuk mengatasi masalah diabetes.


2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti telah disebutkan pada poin pertama sebelumnya, teh daun jambu biji sangat bagus untuk menjaga level normal kadar gula dalam darah. Hal ini berarti orang yang mengonsumsinya secara teratur akan terhindar dari risiko obesitas karena disebabkan masalah kadar gula darah. Mengonsumsi teh daun jambu biji dapat mengekang rasa keinginan kita untuk makan-makanan manis dan berlebihan. Untuk merasakan manfaat ini secara langsung, Anda perlu mencobanya sekarang juga.

3. Meminimalisir Kemungkinan Risiko Penyakit Jantung


Tahukah Anda, penyakit jantung merupakan penyabab kematian paling banyak sekarang ini. Hal ini tentu saja karena dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat sekarang yang sudah banyak berubah. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena dengan mengonsumsi teh daun jambu biji risiko terkenan penyakit dapat diminimalisir. Teh daun jambu biji dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga memiliki kandungan antioksidan alami sehingga tubuh semakin defensif dari berbagai serangan penyakit.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol Jahat


Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa minum teh daun jambu biji secara teratur dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat. Untuk memeroleh manfaat yang optimal, maka konsumsilah teh daun jambu biji secara teratur, diikuti dengan olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan sehat bergizi.

5. Membantu Mengatasi Masalah yang Berkaitan dengan Mulut

Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan mulut seperti sariawan atau sakit gigi, maka teh daun jambu biji mungkin bisa sedikit membantu. Anda tinggal menyiapkan teh daun jambu biji, untuk kemudian dibuat berkumur sebanyak tiga kali. Namun satu hal yang terpenting adalah, mengunjungi spesialis dokter gigi tetap disarankan.

6. Kemungkinan Mencegah Penyakit Kanker

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, teh daun jambu dipercaya dapat membantu mencegah seseorang terkenan penyakit kanker. Dari hasil pengujian yang dilakukan dan telah disepakati, daun jambu biji mengandung lycopene dan antioksidan yang dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker.

7. Menyehatkan Kulit

Teh daun jambu biji memang kaya akan vitamin C, yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Minum teh ini secara teratur akan membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, tehnya juga bisa dibuat untuk cuci muka (cukup dioleskan) pada wajah yang berjerawat untuk membasmi dan melawan bakteri.

8. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun jambu biji memang sudah umum digunakan untuk mengatasi masalah perut seperti diare. Asalasannya sederhana, air rebusan jambu biji memiliki efek antimikroba yang kuat dan mampu menghilangkan bakteri penyebab diare. Selain itu, teh daun biji juga dapat membantu kerja tubuh untuk menormalkan kerja saluran pencernaan dengan menghilangkan lendir yang berlebihan.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Teh daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai perawatan eksternal untuk rambut. Membasahi rambut dan kulit kepala dengan air rebusan daun biji dapat menguatkan serta mencegah rambut dari kerontokan. Penggunaannya cukup mudah, pertama-tama Anda mandi keramas menggunakan sampo seperti biasanya. Setelah selesai, keringkan sejenak rambut dari sisa-sisa air.

Selanjutnya rambut dan kulit kepala diolesi atau dibasahidengan air teh daun jambu biji, biarkan kurang lebih antara 5-10 menit. Tahap terakhir, rambut tinggal dikeringkan dengan menggunakan handuk, seperti yang biasa Anda lakukan setelah keramas.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

1 comment:

  1. wah nice post! :)

    Anyway, main-main juga yaaa ke website ku.

    http://www.diahsally.com/2016/10/5-hal-yang-wajib-dilakukan-agar-buku.html

    Salam kenal :)

    ReplyDelete

Jangan membuat komentar spam, ya?.