Index Labels

Home » Kesehatan» 7 Fakta Penting Tentang Menopause yang Harus Diketahui Wanita

7 Fakta Penting Tentang Menopause yang Harus Diketahui Wanita

. . No comments:
Menopause adalah fase tak terelakkan yang pasti akan dialami oleh setiap wanita dalam hidupnya. Mayoritas wanita mengalaminya setelah menginjak usia 50 tahun ke atas. Namun dalam beberapa kasus ada juga wanita yang mengalaminya pada usia lebih dini. Melewati fase transisi ini tidaklah mudah, kebanyakan mereka akan mengalami simton yang tidak mengenakan seperti hot flash (sensasi rasa panas pada tubuh bagian atas), perubahan suasana hati, dan lain-lain, yang dapat membuat kehidupan wanita menjadi tidak seimbang atau serba salah.
Ilustrasi wanita mengalami stres akibat menopause
Itulah sebabnya, sangat penting bagi wanita untuk mengetahui fakta-fakta terkait menopause agar setidaknya dapat dilakukan tindakan khusus yang membawa manfaat lebih baik. Pengetahuan tentang fakta ini dapat membantu seorang wanita melawan gejala sekaligus juga tidak membiarkan fase alami ini mempengaruhi kesehatan mental dan fisiknya.

Selalu aktif, mengonsumsi makan-makanan sehat yang seimbang, dan menjauhi segala macam gaya hidup yang tidak sehat adalah beberapa perilaku atau tindakan yang harus dilakukan oleh semua wanita yang akan melewati fase menopause-nya. Berikut adalah beberapa fakta terkait menopause yang harus diketahui oleh Anda para kaum hawa:

1. Hot Flash
Hot flash adalah salah satu gejala yang dianggap paling mengerikan dari menopause. Simtom ini juga yang paling banyak dikeluhkan oleh kebanyakan wanita. Beberapa faktor seperti stres dan mengonsumsi minum-minuman mengandung alkohol adalah beberapa pemicu penyakit ini.

2. Bisa Meningkatkan Risiko Serangan Jantung
Beberapa studi menemukan bahwa setelah menopause, kemungkinan seorang wanita akan memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Itu pula sebabnya, banyak para ahli kesehatan menyarankan bagi wanita agar menghindari kebiasaan yang tidak sehat dan selalu rutin berolahraga untuk mengurangi kemungkinan penyakit yang dapat mengancam jiwa tersebut.

3. Kenaikan Berat Badan yang Berpusat di Area Perut
Kenaikan berat badan, terutama di area perut, adalah hal lain yang akan dialami wanita selama melewati fase menopause-nya.

4. Ketidaksimbangan Hormonal

Menopause juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh wanita. Akibatnya, wanita mungkin akan mengalami perubahan suasana hati (mood) yang cukup parah dan kemungkinan juga dapat menyebabkan stres. Namun bagitu, kondisi ini sifatnya variatif dan tidak selalu dialami oleh setiap wanita.

5. Kulit Kering

Wanita yang akan mengalami menopause sering mengeluhkan kulit menjadi kering dan terkelupas. Bahkan tidak hanya kulit, beberapa diantaranya juga mulai mengalami gatal-gatal di kulit kepala. Oleh karena itu, wanita disarankan agar menggunakan pelembab yang sedikit lebih banyak selama melewati fase ini.

6. Melemahnya Tulang dan Sendi
Menopause diketahui juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis, yaitu suatu kondisi yang tidak mengenakkan dimana tulang dan sendi menjadi lemah. Untuk meminimalisirnya, lakukanlah latihan tertentu yang cukup menguras tenaga agar tulang senantiasa tetap sehat dan elastis.

7. Mempengaruhi Siklus Tidur
Gangguan masalah tidur adalah salah satu fakta yang tidak banyak disadari oleh wanita selama melewati masa menopause. Karena pengaruh dari ketidakseimbangan hormonal, wanita mungkin akan mengalami susah tidur atau bahkan terlalu banyak tidur. Namun kondisi ini dapat bervariasi dari masing-masing wanita.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.