Index Labels

Home » Kesehatan» Lima Obat Tradisional Penyakit Tifus yang Terbukti Ampuh

Lima Obat Tradisional Penyakit Tifus yang Terbukti Ampuh

. . No comments:
Tifus (tipes) adalah suatu penyakit yang terjadi karena infeksi pada usus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Dari sejumlah penelitian, penyakit tifus biasanya dapat menular dengan cepat melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dari penderita lainnya. Bahkan dalam kondisi tertentu, penyakit tifus juga dapat ditularkan melalui kontak urin yang sudah terinfeksi oleh bakteri.

Penyakit tifus ditandai dengan panas demam tinggi dan dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa, terutama mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Dalam hal ini, anak kecil biasanya lebih rentan karena sistem kekebalan tubuhnya masih relatif lemah. Oleh karena itu, penting sekali agar selalu menjaga kesehatan diri baik dalam lingkup keluarga maupun lingkungan sekitar.

Namun jika ada salah satu anggota keluarga kita yang sudah terlanjur terkena penyakit tipes, maka bisa dilakukan upaya pengobatan untuk menyembuhkannya. Jangan menunda lama-lama, jika tanda-tanda atau gejala awalnya mulai nampak, segeralah lakukan upaya pengobatan secepatnya agar tidak terlanjur parah. Berikut ini beberapa obat tradisional yang sudah terbukti ampuh untuk menyembuhkan tifus dan sekaligus cara membuatnya:

1. Obat Tifus dari Daun Sambiloto
Tanaman sambiloto
Tanaman sambiloto
Sampai sekarang, ramuan tradisional warisan nenek moyang ini masih banyak digunakan secara turun temurun. Sambiloto diketahui memiliki kandungan senyawa bermanfaat yang dapat membunuh bakteri penyebab tifus. Adapaun langkah cara pembuatannya, ambillah beberapa lembar daun sambiloto, 17 gram temulawak, dan 5 gram jintan hitam. Rebuslah secara bersamaan ketiga bahan tersebut dengan tiga gelas air dan diminum dua kali sehari sampai sembuh. Saran tambahan, untuk merebus bahan ramuan sebaiknya gunakan wadah yang terbuat dari tanah (kuali) dan hindari penggunaan logam karena bisa terjadi reaksi kimiawi yang justru dapat membahayakan kesehatan.

2. Obat Tifus dari Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus)
cacing tanah
Cacing tanah (lumbricus rubellus)
Cacing tanah biasanya banyak dimanfaatkan untuk makanan ternak seperti ikan dan belut. Namun dibalik itu, cacing tanah ternyata juga memiliki segudang manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit tifus. Dari hasil penelitian para ilmuan, dalam tubuh cacing tanah diketahui mengandung senyawa tertentu yang dapat membunuh bakteri penyebab tifus secara cepat.

Cara pengolahannya, tak perlu jijik lagi ambillah kira-kira tiga ekor cacing tanah. Lalu bersihkan bagian dalamnya dari semua kotoran dengan cara membelahnya. Kemudian sangrai tubuh cacing yang sudah dibersihkan tadi sampai kering dan tumbuk sampai halus menjadi bubuk. Campur dengan segelas air dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Obat Tifus dari Kunyit

Kunyit
Selain untuk bumbu masakan, kunyit (kunir) juga bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit tifus. Cara membuatnya cukup gampang, ambillah 3 rimpang kunyit yang masih segar dan alami, 1 bonggol serai, dan selembar daun sambiloto. Ketiga bahan ini kemudian ditumbuk sampai lembut dan seduh dengan air hangat. Minumlah sebanyak tiga kali dalam sehari sampai sembuh.

4. Obat Tifus dari Daun Keji Beling (Strobilanthes crispus)
Tanaman Keji Beling 
Obat tifus tradisional ampuh selanjutnya adalah dari daun keji beling (kecibeling). Ambillah beberapa lembar daun keji beling yang sudah dicuci bersih dan satu liter air mentah (belum dimasak) yang bersih. Rebuslah daun keji beling tersebut selama kurang lebih 20 menit sampai mendidih. Setelah itu biarkan sampai air rebusan menjadi hangat dan minum sebanyak 2 kali sehari sampai pulih.

5. Obat Tradisional Penyakit Tifus dari Pepaya Muda

Pepaya
Siapa sangka, pepaya yang masih muda ternyata juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit tifus. Cara membuatnya, ambil 1 buah pepaya yang masih muda dan cuci sampai bersih. Kemudian parut dan peras sampai diperoleh air yang cukup. Air perasannya kemudian diminum sebanyak dua kali dalam sehari sampai penyakit tipes Anda sembuh.

Demikian beberapa cara pengobatan tradisional penyakit tifus yang bisa Anda praktekkan dan racik sendiri ramuannya di rumah. Semoga bermanfaat dan selalu diberi kesehatan, amin...
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.