Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Studi: Ukuran otot Tidak Berkaitan dengan Kekuatan Fisik

Studi: Ukuran otot Tidak Berkaitan dengan Kekuatan Fisik

. . No comments:
Seringkali banyak orang mengaitkan bahwa mereka yang memiliki tubuh kekar berotot pastilah kekuatan fisiknya kuat pula. Pria yang berbadan sixpack selalu diidentikkan dengan kekuatan, perkasa,  jago pukul dan angkat-angkat. Namun hal tersebut ternyata berbeda pada masing-masing orang dan masalah kekuatan fisik tidak berkaitan langsung dengan bentuk tubuh. Bagi Anda yang terobsesi memiliki bentuk tubuh perkasa dan rutin mengunjungi gym setiap hari, mungkin informasi ini sedikit membuka wawasan kita bersama.
Pria berotot
Pria berotot
Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, terbentuknya otot pada tubuh yang dilakukan melalui latihan tertentu mungkin tidak secara langsung berkaitan dengan peningkatan kekuatan fisik seseorang. Para peneliti mengemukakan bahwa ukuran otot dan kekuatan fisik sebenarnya adalah dua fenomena yang berbeda. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Muscle and Nerve, mencatat bahwa ada korelasi yang lemah antara perubahan ukuran otot dan perubahan kekuatan fisik yang dibentuk melalui latihan-latihan khusus tersebut.

Selain itu, ada sebuah kasus dimana massa otot berkurang karena kurangnya olahraga namun kekuatan fisik masih tetap terjaga atau tidak berkurang. Lebih lanjut, bentuk otot yang sama juga bisa diperoleh dengan latihan fisik ringan maupun latihan ketahanan fisik dengan beban berat, namun tetap berbeda-beda dalam hasil kekuatan fisiknya.

“Adaptasi saraf adalah pengaruh pertama pada perkembangan otot yang memainkan peran lebih menonjol di bagian terakhir dari sebuah program latihan tertentu. Namun, terdapat sedikit bukti yang mengaitkan berkembangnya massa otot dengan kekuatan fisik pada orang dewasa yang mengikuti program pelatihan ketahanan fisik tertentu”. Kata Jeremy Loenneke, Penelitit di University of Mississippi, Mississippi.

Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.