Index Labels

Home » Kesehatan» Ternyata Ini Penyebab Dada Sering Sakit Sebelah Kanan

Ternyata Ini Penyebab Dada Sering Sakit Sebelah Kanan

. . No comments:
Rasa sakit atau nyeri dada sebelah kanan banyak dialami oleh orang dari segala usia baik tua maupun muda, meskipun dengan intensitas yang berbeda tergantung kondisi kesehatan masing-masing. Seringkali kita akan merasa khawatir dan langsung berpikiran macam-macam saat timbul rasa sakit di area dada. Perlu diketahui bahwa rasa sakit di dada sebelah kanan tidak selalu berhubungan dengan masalah kardiovaskular (masalah jantung).
Rasa nyeri dada sebelah kanan
Ada berbagai faktor lain yang juga dapat menyebabkan rasa sakit tersebut. Contoh misalnya, jika Anda memaksakan diri untuk melakukan beberapa aktivitas fisik yang cukup berat, maka kemungkinan besar akan timbul pula rasa sakit tersebut. Kasus lain yang berhubungan dengan masalah pada saluran pencernaan juga dapat menimbulkan rasa sakit dada sebelah kanan. Tersedak makanan atau minuman dapat menyebabkan penyumbatan di dada, sehingga timbul pula rasa nyeri.

Jika Anda kebetulan menderita hepatitis atau radang hati, maka hal itu juga bisa menyebabkan jenis nyeri di bagian dada sebelah kanan. Nyeri ini juga dapat terjadi sebagai akibat dari kandung empedu, kandung kemih atau disfungsi pankreas. Batu empedu dapat menyebabkan sakit perut parah yang meluas ke area dada. Rasa sakit dada sebelah kanan juga bisa disebabkan karena masalah sublukasi tulang rusuk. Hal ini terjadi ketika tulang rusuk berpindah dan akhirnya timbul rasa sakit dari tulang rusuk menjalar ke dada sebelah kanan. Rasa nyeri bisa bertambah parah jika yang berasngkutan duduk dengan posisi bersandar.

Namun dalam dunia yang serba sibuk seperti saat ini, penyebab paling umum dari rasa nyeri dada sebelah kanan adalah karena stres. Kecemasan mental dan stres yang ekstensif menyebabkan tekanan pikiran, terlebih jika kita jarang bergerak (lebih banyak duduk), maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah nyeri di bagian dada.


Oleh karena itu, setiap kali Anda merasakan nyeri di dada sebelah kanan, segera kroscek diri sendiri, apa aktivitas terakhir yang sering Anda lakukan dan cari penyebab alasannya. Segera lakukan pengobatan yang tepat atau pergi ke dokter.
Advertisement:

Advertisement:

Baca Juga

Jangan membuat komentar spam, ya?.