Home » Kesehatan» Lima Alasan Kenapa Anda Harus Makan Pisang di Malam Hari

Lima Alasan Kenapa Anda Harus Makan Pisang di Malam Hari

. . Tidak ada komentar:
Apakah boleh makan pisang di malam hari, terutama setelah makan malam?. Beberapa orang berpendapat bahwa hal itu tidaklah baik, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Tapi fakta justru berkata sebaliknya, menurut para ahli, makan pisang pada malam hari atau setelah makam malam sangat bagus bagi kesehatan.
Buah Pisang

Pisang adalah salah satu buah-buahan yang sehat dan kaya manfaat, karena mengandung sejumlah nutrisi dalam bentuk vitamin dan mineral. Para ahli menyarankan bahwa tubuh kita memerlukan asupan antara satu setengah sampai dua cangkir buah-buahan per hari, tergantung dari usia seseorang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa mengonsumsi pisang secara teratur setiap hari. Akan lebih bagus jika pisang yang kita konsumsi merupakan pisang organik atau pisang yang dipetik langsung dari pohonnya. Berikut ini beberapa manfaat atau alasan kenapa Anda harus makan pisang di malam hari:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur
Salah satu manfaat luar biasa makan pisang di malam hari adalah dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Hormon yang disebut melatonin sangat diperlukan untuk memperoleh kualitas tidur yang sehat. Dalam hal ini, pisang mengandung suatu senyawa yang disebut tryptophan, asam amino yang dapat meningkatkan produksi melatonin dan oleh karena itu juga dapat menyembuhkan masalah insomnia.

2. Meningkatkan Supan Nutrisi
Kalium adalah mineral sangat penting yang diperlukan oleh tubuh agar semuanya bekerja dalam kondisi yang terbaik. Orang dewasa harus memenuhi jumlah dosis kalium harian sekitar 4700 mg agar tubuh tetap sehat. Dengan mengonsumsi pisang setiap hari, maka kebutuhan kalium tersebut akan terpenuhi. Selain itu, satu porsi pisang di malam hari juga dapat memenuhi kebutuhan dosisi harian magnesium, nutrisi penting lain yang diperlukan bagi kesehatan tubuh kita.

3. Pengganti Gula
Seringkali setelah makan malam kita ingin makan-makanan yang manis-manis, namun terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula apalagi pemanis buatan juga sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kita dapat menggantinya dengan makan pisang. Selain rasanya yang manis, kita juga bisa memperoleh manfaat dobel darinya.

4. Mengurangi Kram Otot
Jika Anda mengalami kram otot di malam hari karena suatu alasan, memakan pisang dapat mengurangi risiko tersebut. Kandungan kalium dan magnesium pada pisang dapat meningkatkan jumlah elektrolit dalam tubuh kita. Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab utama kram otot.

5. Meningkatkan Serat
Selain untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko diabetes, Serat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita. Makan pisang di malam hari dapat memenuhi kebutuhan dosis serat yang dianjurkan bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga

Loading...