Index Labels

Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Tujuh Fakta Mengejutkan Sendawa yang Harus Anda Tahu

Tujuh Fakta Mengejutkan Sendawa yang Harus Anda Tahu

.
Bersendawa adalah proses alamiah tubuh dimana udara atau gas dilepaskan dari perut dan kerongkongan melalui mulut kita. Sendawa bisa terjadi secara sengaja (dibuat-buat) maupun tidak disengaja. Bersendawa sebanyak 3-4 kali setelah makan masih dianggap normal. Akan tetapi, jika bersendawa itu terlalu berlebihan, menyakitkan, atau bahkan dibarengi dengan asam lambung, maka bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak beres terjadi dalam tubuh.
Wanita sedang bersendawa
Meskipun bersendawa sebenarnya adalah fenomena normal yang dialami oleh setiap manusia, namun dalam hal beretika secara sosial, bersendawa dengan suara dikeraskan di tempat umum (dalam suatu kelompok banyak orang) merupakan salah satu tindakan yang dianggap kurang sopan dan tidak tahu tata krama. Ada sejumlah fakta menarik tentang sendawa dan kaitannya dengan kesehatan tubuh manusia, berikut tujuh diantaranya:

Fakta #1
Ada suatu gangguan kesehatan khusus yang dikenal dengan istilah sendawa supragastric, yaitu seseorang yang menelan banyak udara tanpa disadari sehingga menyebabkan terlalu sering bersendawa atau sendawa berlebihan. Untuk mengobati gangguan semacam ini, biasanya akan dilakukan terapi perilaku terhadap pasien.

Fakta #2
Ada juga kondisi lain yang dikenal dengan istilah gastroparesis,dimana otot-otot perut menjadi lumpuh sebagian dan tidak dapat memproses makanan secara sempurna. Hal ini menyebabkan yang bersangkutan akan sering bersendawa.

Fakta #3
Seseorang juga bisa mengalami gangguan sendawa jika ia memiliki masalah menelan karena sakit tenggorokan  atau penyakit lainnya yang berhubungan dengan gangguan tenggorokan.

Fakta #4
Jika Anda menyadari bersendawa dengan bau yang tidak sedap (busuk), maka hal ini bisa menjadi salah satu pertanda adanya suatu masalah dengan sistem pencernaan.  Segeralah periksakan ke dokter dengan menceritakan gejala yang Anda alami.

Fakta #5
Jika sering bersendawa yang diikuti dengan penurunan berat badan yang tidak diketahui sebab jelasnya dan kehilangan nafsu makan, maka Anda perlu waspada karena hal itu bisa menjadi pertanda adanya kanker esofagus (kerongkongan). Sel tumor yang berkembang di esofagus juga dapat menyebabkan sering bersendawa.

Fakta #6
Sering bersendawa di atas batas normal juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan asam lambung. Hal ini jika tidak segera diobati akan menyebabkan radang perut akut.

Fakta #7
Dalam beberapa kasus, orang yang pernah menjalani operasi perut internal dan ada satu bagian ususnya yang diangkat, maka kemungkinan besar orang tersebut tidak dapat bersendawa sama sekali.

Demikian beberapa fakta mengejutkan yang berkaitan dengan sendawa, semoga menambah bendahara pengetahuan dan wawasan kita semua.

Baca Juga

Loading...