Home » Kesehatan» Waspadalah, 8 Gejala Kesehatan Paru-paru Semakin Melemah

Waspadalah, 8 Gejala Kesehatan Paru-paru Semakin Melemah

. . Tidak ada komentar:
Seperti halnya organ tubuh lain, paru-paru merupakan salah satu bagian organ terpenting dalam tubuh yang senantiasa harus selalu dijaga kesehatannya. Di dalam tubuh kita, paru-paru berfungsi sebagai suatu alat yang memasok dan menyalurkan oksigen ke sel-sel darah serta membantu dalam proses pernafasan.
Nyeri dada
Oleh karena itulah, kita harus memastikan bahwa kesehatan paru-paru selalu dalam kondisi terbaik agar tidak terjadi kekacauan pada sistem kerja dalam tubuh. Upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti menjalani pola hidup sehat, menjauhi bahan apapun yang berbahaya masuk ke dalam tubuh (rokok, minuman keras, makanan berpengawet, dll).

Lantas bagaimana kita mengetahui bahwa kondisi paru-paru kita sedang dalam kondisi yang tidak tidak baik?. Gejala awalnya mungkin akan terlihat seperti masalah biasa. Namun jika tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker paru-paru dan bahkan kematian mendadak.

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan melemahnya kesehatan paru-paru, seperti merokok, penyakit pernafasan (asma), dan infeksi virus adalah penyebab yang paling umum. Mengidentifikasi gejala dan mendapat pertolongan medis pada waktu yang tepat sangat penting agar kondisi tidak semakin memburuk. Berikut ini kami beberapa tanda-tanda utama dan gejala yang menunjukkan bahwa kesehatan paru-paru seseorang semakin melemah:

1. Kelelahan
Sering merasa mudah kelelahan sehingga menghalangi aktivitas sehari-hari adalah salah satu tanda utama paru-paru menjadi lemah.

2. Sesak napas
Jika Anda sering merasa kesusahan bernafas setelah menaiki beberapa langkah anak tangga, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa paru-paru sedang dalam kondisi yang tidak baik.

3. Mengi
Saat paru-paru bermasalah, maka sirkulasi udara yang masuk ke dalam tubuh juga tidak dapat berjalan dengan baik. Hal ini biasanya ditandai dengan sesak nafas yang diiringi dengan bunyi khusus (mengi) .

4. Kehilangan berat badan
Jika Anda tiba-tiba mengalami kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas, maka hal ini bisa menjadi pertanda bahwa paru-paru sedang bermasalah. Meskipun juga tidak menutup kemungkinan disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya. Oleh karena,segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter dan katakan semua gejala-gejala yang Anda alami.

5. Kelebihan lendir (mukus)
Saat lendir yang dihasilkan tubuh lebih tinggi daripada biasanya, maka hal ini bisa menjadi pertanda kesehatan paru-paru yang melemah.

6. Nyeri dada
Nyeri dada (bahkan yang dibarengi dengan sedikit batuk-batuk), juga merupakan salah satu tanda bahwa paru-paru tidak berfungsi secara normal.

7. Batuk yang tak kunjung henti
Ketika seseorang mengalami batuk dan tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, maka hal ini mungkin bisa menjadi tanda bahwa paru-paru sedang bermasalah. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebab sebenarnya, jangan tunggu lama-lama.

8. Darah dalam dahak
Jangan sekali-sekali diabaikan jika melihat dahak yang keluar disertai dengan darah. Karena hal tersebut merupakan salah satu gejala utama kesehatan paru-paru semakin melemah dan butuh pertolongan dokter segera.

Baca Juga

Loading...