Index Labels

Home » Kesehatan» 7 Tips Rahasia dari Orang yang Tidak Gampang Sakit

7 Tips Rahasia dari Orang yang Tidak Gampang Sakit

.
Sebagai manusia biasa, tentunya kita tidak asing lagi dengan yang namanya penyakit. Sakit adalah hal lumrah yang pasti akan dialami oleh setiap manusia yang hidup, namun dengan dengan frekuensi dan intensitas yang berbeda-beda dari masing-masing orang. Ada sebagian orang yang memiliki fisik kuat dan tidak gampang sakit, dan tidak sedikit pula orang-orang yang mudah sekali sakit atau rentan terkena penyakit.
Hidup sehat
Jika ditilik lebih jauh, penyebab orang sakit (kecuali bukan penyakit turunan) itu ternyata sama. Salah satunya adalah dari gaya hidup yang buruk, orang-orang seringkali lalai merawat kesehatannya sendiri tatkala sudah berhubungan aktivitas dan rutinitas sehari-hari. Penyakit bisa disebabkan dari gangguan fisik maupun psikologis, namun yang paling banyak sebenarnya disebabkan karena psikologis (pikiran). Terlalu sedih, banyak pikiran (masalah), penyesalan, kekhawatiran, dll, akan membuat daya tahan tubuh lemah dan pada akhirnya akan mudah terserang penyakit.

Penyakit memang tidak bisa dihindari, namun bisa kita cegah jalan masuknya sehingga tidak gampang sakit dengan melakukan suatu tindakan yang tepat. Berikut ini, beberapa tips rahasia dari orang-orang yang selalu memiliki tubuh prima dan tidak gampang sakit:

1. Hindari Stres
Tips pertama jika Anda ingin terhindari dari sejumlah penyakit umum sehari-hari, maka penting sekali untuk menghindari atau paling tidak mengurangi stres (beban pikiran) dalam hidup anda. Karena hampir 80% penyakit yang diderita orang dewasa disebabkan karena masalah psikisnya sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin Jangan buat masalah baru, hiduplah dengan cara sederhana, bersyukur menerima apa adanya. Yang penting hidup kita sehat dan bahagia.

2. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan juga sangat penting jika anda tidak ingin mudah sakit. Karena mikroba yang ada pada lingkungan tidak bersih dapat sejumlah penyakit tertentu.

3. Tindakan Pencegahan

Anda juga perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan dari diri sendiri, misalnya dengan selalu melakukan cuci tangan sehabis beraktivitas, menggosok gigi dua kali sehari dan segera mandi setelah tercemar polusi dari luar.

4. Makan Makanan Sehat dan Bergizi
Pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan mencakup semua nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Jangan terlalu sering makan di luar, karena seringkali hanya mementingkan citarasa tanpa peduli manfaat kesehatannya. Ingat, kesehatan itu lebih penting dari apapun.

5. Jangan Paksakan Diri
Jika sudah merasa benar-benar lelah, maka istirahatlah, jangan dipaksakan untuk terus-terusan bekerja. Kelelahan adalah sinyal tubuh yang memberitahukan bahwa sudah saatnya kita perlu istirahat. Jika Anda selalu menghiraukan hal ini, maka risikonya bisa fatal.

6. Olahraga Teratur
Berolahragalah setidaknya selama 30-40 menit setiap hari. Olahraga terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari dalam, sehingga manfaatnya kita tidak akan mudah terserang penyakit dan hiduppun terasa lebih bersemangat.

7. Berkonsultasi dengan Dokter
Tentu saja hal ini sangat penting untuk memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin kepada dokter, ya paling tidak setahun dua kali. Untuk memperkuat sistem imun, biasanya dokter akan menyarankan mengonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin B, karena kedua vitamin ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Baca Juga

Loading...