Home » Kesehatan» Lima Penyakit yang Sebabkan Berat Badan Turun Drastis

Lima Penyakit yang Sebabkan Berat Badan Turun Drastis

. . Tidak ada komentar:
Jika Anda tidak sedang menjalani diet tertentu, namun berat badan terus turun dari hari ke hari meskipun pola makan tetap normal seperti biasanya. Maka Anda perlu waspada, karena hal ini bisa menjadi pertanda adanya suatu penyakit tertentu yang mulai bertumbuh kembang di dalam tubuh dan mungkin tidak Anda sadari.
Menimbang berat badan
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara lebih pasti apakah penurunan berat badan itu normal atau memang karena disebabkan adanya suatu penyakit. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui beberapa penyebab penurunan berat badan secara drastis dan tiba-tiba yang disebabkan oleh adanya suatu penyakit tertentu dalam tubuh.

1. Diabetes
Jika anda perhatikan penurunan berat badan mendadak yang disertai dengan sering buang air kecil, mudah haus, luka yang sulit sembuh, dan pembengkakan di area kaki, maka hal itu bisa menjadi pertanda penyakit diabetes. Segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau Puskesmas terdekat untuk mengetahui kadar gula Anda.

2. Hipertiroidisme
Jika bersamaan dengan penurunan berat badan tersebut disertai dengan gejala kulit kering, kuku rapuh, mudah lelah, mudah jengkel dan cemas, denyut jantung tidak teratur, muka merah, palpitasi (jantung berdebar-debar), serangan panik, mata seperti melotot, dll, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda sebenarnya menderita penyakit hipertiroidisme. Untuk memastikannya, dokter akan menyarankan melakukan tes darah.

3. Tuberkulosis
Berat badan yang turun secara mendadak disertai dengan tanda-tanda kelelahan (mudah lelah), ludah bercampur darah, demam dan nyeri pada dada, bisa jadi hal tersebut dikarenakan penyakit tuberkulosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan infeksi karena kekebalan tubuh lemah. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan bantuan antibiotik khusus. Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter jika mengetahui adanya gejala-gejala seperti yang disebutkan.

4. Depresi
Penurunan berat badan yang mendadak juga bisa disebabkan oleh depresi. Gejala depresi ditandai dengan putus asa, sulit berkonsentrasi, perasaan selalu negatif, dan disertai dengan berat badan yang terus turun. Segera mendapat pertolongan ke psikiater sedini dan secepat mungkin sebelum terlambat.

5. Kanker
Kanker juga dapat menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba. Tanda dan gejala kanker bervariasi bersamaan dengan penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya tergantung pada jenis kanker itu sendiri.

Baca Juga

Loading...