Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» 6 Resep Jus Mentimun untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

6 Resep Jus Mentimun untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

.
Mentimun adalah salah satu sumber makanan sehat dan kaya manfaat yang bisa dengan mudah kita dapat. Mentimun dapat dikonsumsi sebagai lalapan, dibuat jus, atau dimakan secara langsung, semuanya memiliki manfaat yang sama. Kandungan airnya yang melimpah ternyata memiliki manfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan juga membantu menurunkan berat badan secara efektif.
Jus mentimun untuk kesehatan
Dengan menambahkan beberapa bahan lainnya, mentimun bisa dijadikan makanan diet untuk membantu menurunkan berat dan menjaganya agar tetap sehat proporsional. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini kita simak bagaimana cara membuat jus mentimun untuk diet penurunan berat badan:

1. Resep Jus Mentimun dan Semangka
Jika Anda menginginkan minuman yang segar namun kaya manfaat bagi kesehatan, maka Anda bisa langsung mencoba membuat jus mentimun dan semangka ini di rumah. Caranya, campur setengah potong mentimun ukuran sedang dengan ¼ gelas buah semangka dan giling sampai menjadi jus. Anda bisa menambahkan lada hitam dan lemon secukupnya untuk menambah citarasa. Jus ini dapat diminum setelah makan siang atau makan malam.

2. Resep Jus Mentimun dan Lemon
Siapkan ½ potong mentimun ukuran sedang dan satu buah lemon ukuran besar. Kedua bahan ini lalu dibuat jus yang siap untuk diminum. Tambahkan lagi irisan tipis mentimun dan lemon secukupnya, lalu simpan di dalam lemari es. Minum saat sedang santai di rumah dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

3. Resep Jus Kemangi dan Mentimun
Cara membuatnya, ambil setengah cangkir buah limau dan tambahkan sedikit gula.  Kemudian tuangkan air panas secukupnya dan aduk-aduk sampai merata. Lalu tambahkan beberapa lembar daun kemangi secukupnya. Tambahkan sirup kemangi ini ke dalam satu botol berisi air dan simpan di dalam lemari es selama satu jam. Minum saat dingin agar lebih segar.

4. Resep Jus Mentimun dan Daun Mint
Mentimun mengandung jumlah tinggi vitam dan protein, sementara mint kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Untuk membuat jus mentimun dan mint, caranya ambil satu buah mentimun, ¼ sendok makan lada hitam, 1 sendok makan madu, 8-10 lembar daun mint dan garam secukupnya. Semua bahan lalu digiling sampai benar-benar halus dan tampak menyatu.

Sekarang ambil saringan dan peras jus sampai terpisah airnya. Tambahkan perasan jeruk limau dan minuman siap untuk dikonsumsi.

5. Resep Jus Mentimun dan Grapefruit
Kombinasi mentimun dan grapefruit adalah salah satu minuman paling menyehatkan di dunia. Grapefruit mengandung jumlah besar antioksidan yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Untuk membuat jus mentimun dan grapefruit, siapkan satu gelas jus grapefruit dalam sebuah wadah botol dan tambahkan beberapa irisan tipis mentimun ke dalamnya. Minuman dapat disajikan dalam keadaan dingin jika Anda menginginkannya.

6. Resep Jus Mentimun dan Jeruk Manis
Jus mentimun dengan sentuhan jeruk manis bisa menjadi kombinasi menyehatkan bagi tubuh. Cara membuatnya, ambil 2 buah jeruk manis, beberapa iris mentimun dan perasan satu buah air lemon ke dalam panci. Sekarang, tambahkan air secukupnya dan masak sampai mendidih. Lumatkan semua bahan dengan bantuan sendok garpu sampai benar-benar halus. Minuman dapat disajikan dalam kondisi hangat atau dingin dengan ditambahkan es batu.


Selain untuk keperluan diet penurunan berat badan, resep jus di atas juga bisa menjadi ide minuman kesehatan untuk dikonsumsi sehari-hari. Karena manfaatnya tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan saja, tetapi masih banyak juga yang lainnya. Seperti melancarkan aliran darah, menghilangkan masalah jerawat, menjaga kesehatan kulit, menurunkan kadar gula dalam darah tetap normal, dan lain sebagainya.

Baca Juga

Loading...