Index Labels

Home » Kesehatan» 7 Manfaat Luar Biasa Berdiam Diri Bagi Kesehatan

7 Manfaat Luar Biasa Berdiam Diri Bagi Kesehatan

.
Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan kebisingan. Ditambah lagi, kita seringkali terlena dengan menyibukkan diri sendiri seperti bermain ponsel, komputer, atau bahkan menghabiskan waktu menonton acara televisi. Sehingga sekedar meluangkan sedikit waktu untuk berdiam diri saja sampai tidak sempat. Padahal aktivitas sederhana seperti meditasi atau berdiam diri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan fisik dan mental.
Duduk berdiam diri
Banyak orang berkunjung ke pusat-pusat meditasi hanya untuk sekedar menghabiskan waktu dalam keheningan. Mereka kembali ke rumah dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar dan jiwa penuh semangat. Tidak perlu pergi kemana-mana, hal ini sebenarnya bisa langsung kita lakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu memjamkan mata dan duduk berdiam diri sembari menikmati aliran nafas.

Bahkan hal ini sudah dikonfirmasi ilmu pengetahuan bahwa berdiam diri memang memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Kebisingan memengaruhi kesehatan, yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan tanpa sebab. Sementara, berdiam diri (meditasi) dapat menenangkan tubuh dan jiwa kita. Berikut beberapa manfaat luar biasa yang Anda dapatkan dari hanya sekedar menghabiskan waktu beberapa menit untuk berdiam diri sambil menikmati alunan keluar masuknya aliran nafas anda:

1. Meningkatkan Level Kesadaran Diri
Berdiam diri terbukti dapat meningkatkan level kesadaran diri (awareness) seseorang. Kita seringkali memikirkan banyak hal sekaligus di dalam otak kita, bahkan terhadap hal-hal sepele yang sebenarnya tidak terlalu penting. Dengan berdiam menenangkan diri, maka otak kita akan belajar untuk tenang dan berhenti memikirkan banyak hal, yang bisa berakibat pada depresi atau frustasi.

2. Meregenerasi Sel Otak Baru
Sebuah studi baru-baru ini menyatakan bahwa beberapa jam melakukan meditasi bahkan bisa menumbuhkan sel-sel baru di dalam otak kita. Sel-sel tersebut diproduksi wi area hippocampus, yang berperan dalam kemampuan menghafal dan belajar. hal ini sudah saya (penulis) rasakan sendiri manfaatnya.

3. Melenyapkan Stres
Carilah tempat yang sejuk dan tenang, kemudian duduk diam disana selama beberapa menit dan tarik napas dalam-dalam. Hal ini terbukti dapat mengurangi tingkat stres anda. Umumnya, banyaknya suara di sekitar dapat melemahkan sistem saraf sehingga membuat seseorang menjadi stres dan mudah lelah. Dengan berdiam diri dalam ketengan, maka segala ketegangan yang ada di dalam diri kita secara perlahan akan dilepaskan.

4. Menyembuhkan Insomnia
Kebiasaan menghabiskan waktu beberapa menit untuk berdiam diri juga berpengaruh pada siklus tidur kita. Meditasi kesadaran diri dapat membantu memerangi kelelahan, insomnia, dan bahkan depresi.

5. Menormalkan Tekanan Darah
Berdiam diri juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah kita. Selain itu, alur pernafasan kita juga akan kembali normal karena terbiasa direlaksasi.

6. Modus Default
Saat rangsangan eksternal ke otak terputus, maka pikiran akan masuk ke modus default. Dalam keadaan ini, pikiran akan menyatu dengan batin dan sumber daya di alam semesta. Kondisi ini membantu meningkatkan kreativitas, menemukan makna dalam hidup dan membuat koneksi-koneksi baru.

7. Menyegarkan Suasana Hati dan Pikiran
Sebagian besar dari kita tidak bisa luput dari segala macam pengaruh luar sepanjang waktu. Pengaruh-pengaru dari luar yang secara terus menerus tersebut kemudian melelahkan kinerja otak dan tubuh kita. Berdiam diri dapat mengembalikan keseimbangan di dalam diri kita, mengurangi kelelahan dan sekaligus mengisi ulang sumber daya mental kita.

Baca Juga

Loading...