Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Sains» Terungkap, 8 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia

Terungkap, 8 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia

.
Otak manusia adalah sesuatu hal yang misterius. Faktanya, kita masih belum tahu banyak tentang bagaimana cara kerja pikiran (otak) manusia itu sendiri. Dari dulu sampai sekarang, penelitian tentang cara kerja otak manusia masih menjadi topik utama bagi banyak ilmuan dunia. Mereka berharap bisa menemukan jawaban “kenapa manusia melakukan sesuatu hal yang ingin mereka lakukan”.
Ilustrasi isi dalam otak manusia
Seluruh bagian dalam tubuh kita juga dikendalikan oleh otak. Ibarat sebuah perangkat komputer, otak manusia adalah bagian CPU-nya. Sedikit saja terjadi masalah atau kerusakan pada otak, maka bagian tubuh lainnya akan ikut terkena dampaknya. Berikut ini beberapa fakta menarik berkaitan dengan misteri otak manusia yang berhasil diungkapkan:

1. Sleep Paralysis
Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalami saat tidur dan hendak ingin bangun, tiba-tiba tubuh tidak bisa digerakkan sama sekali, padahal kita sudah sepenuhnya sadar. Dalam ilmu medis, fenomena tersebut biasa disebut dengan istilah sleep paralysis. Hal ini terjadi karena pada saat ingin bangun, otak kita masih belum keluar dari mode REM. Dalam keadaan seperti itu, kerja otak akan sedikit terganggu dan bisa memerlukan beberapa waktu untuk kembali normal.

2. Rasional dan Emosional
Dalam kehidupan sehari-hari pasti Anda pernah merasa heran, kenapa pacar anda begitu emosional dan di saat yang sama, dia mengatakan bahwa Anda seolah-olah tidak punya hati. Alasannya: Mayoritas wanita dilahirkan dengan sistem limbik yang lebih besar di otak. Limbik adalah sistem yang menampung emosi. Sementara pada umumnya, pria memiliki lobus inferior-parietal yang lebih besar, yang membuatnya berpikir lebih rasional.

3. Mengolah Data
Pria umumnya lebih banyak menggunakan bagian otak kirinya untuk memproses segala informasi yang diterimanya. Namun bagi perempuan, mereka menggunakan otak kiri serta kanan dan sedikit lebih banyak kanan untuk memproses berbagai informasi.

4. Makanan
Jika Anda pernah berpikiran bisa menjauhi makanan junk food, salah. Karena otak sudah terlalu terpengaruh dengan beragam jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dalam hal ini, bahan makanan buatan dan berpengawet diketahui dapat memengaruhi tingkat intelijensi (IQ) seseorang. Sementara, ikan laut dikatakan dapat mengurangi risiko demensia. Jadi, pikirkanlah juga jenis makanan apa yang Anda makan dan jangan sembarangan makan.

5. Oksigen
Saat menghirup udara segar, berarti anda menghantarkan oksigen ke seluruh sistem di dalam tubuh dan 20%-nya dimanfaatkan oleh otak.

6. Bagian-bagian dalam Otak
Otak kita memiliki tiga area atau bagian yang berbeda. Otak belakang bertugas mengontrol indera dan koordinasi, otak tengah bertugas mengontrol kesadaran dan refleks tubuh, dan otak paling depan bertugas mengontrol rasa, pikiran, emosi, fungsi motorik dan rasa lapar juga dikontrol oleh otak bagian ini. Setiap cedera yang terjadi di bagian otak ini dapat mengganggu fungsi otak secara drastis, bahkan bisa menyebabkan kematian mendadak.

7. Bahasa
Sebuah studi mengatakan bahwa anak-anak yang belajar bahasa sebelum memasuki usia kelima tahun cenderung lebih banyak mengembangkan materi abu-abu di otaknya, kelak saat mereka tumbuh dewasa. Jadi, ajarilah anak Anda bahasa baru sekarang juga.

8. Seni dan Matematika
Otak manusia memiliki dua belahan kiri dan kanan yang memiliki fungsinya masing-masing. Pikiran kreatif bersumber dari otak kanan, dan gagasan analitis bersumber dari sisi belahan kiri. Dalam hal ini, jika seseorang tidak ahli dalam ilmu matematika, biasanya otak kanannya lebih aktif dibandingkan otak irinya. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda tidak ahli dalam bidang tertentu, mungkin Anda lebih ahli di bidang lainnya, kesenian misalnya. Gali potensi diri sendiri.

Baca Juga

Loading...