Index Labels

Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Cara Mengetahui Adanya Cacing Parasit di Dalam Perut

Cara Mengetahui Adanya Cacing Parasit di Dalam Perut

.
Cacing pita, cacing tambang, cacing pin (kremi) dan cacing gelang merupakan salah satu parasit yang mengganggu kesehatan tubuh dan dampaknya bisa sangat berbahaya jika tidak segera dilakukan pengobatan yang benar. Dalam siklus kehidupannya, cacing ini hidup dan tinggal dalam tubuh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Mereka makan dengan cara mengambil sumber nutrisi dari makanan yang kita makan.
Masalah kulit disebabkan cacing parasit
Jika makhluk ini berada dalam perut seseorang, maka makanan apapun yang dimakan akan dimakan juga oleh cacing-cacing tersebut. Sehingga seringkali penderita akan mudah merasa lapar bahkan setelah makan. Beberapa jenis cacing juga memakan sel-sel darah merah. Kurang menjaga kebersihan, makan-makanan yang terkontaminasi atau mengunjungi daerah-daerah yang terinfeksi merupakan penyebab masuknya parasit ke dalam tubuh.

Saat parasit tersebut telah mendiami tubuh seseorang, maka secara otomatis sistem pertahanan tubuh akan coba melawannya dan hal ini bisa menyebabkan masalah inflamasi. Parasit akan menghalangi nutrisi dalam makanan dicerna oleh tubuh secara sempurna. Secara bertahap, penderita mungkin akan kehilangan berat badannya, berimplikasi pada ketenangan pikiran (sering merasa cemas/tertekan tanpa diketahui penyebabnya), dan masalah kesehatan lainnya. Berikut ini adalah tanda atau gejala jika di dalam tubuh Anda mungkin telah bersemayam parasit tersebut:

Tanda #1
Tanpa alasan yang jelas, jika Anda sering mengalami saking perut seperti kembung, sembelit, diare atau sindrom iritasi usus besar. Hal ini bisa menjadi tanda adanya cacing di dalam perut.

Tanda #2
Jika Anda sering merasa ingin ngemil yang tak tertahankan atau bahkan kurangnya nafsu makan tanpa alsan yang valid, maka hal itu mungkin disebabkan oleh cacing pita yang hidup di dalam perut anda.

Tanda #3
Jika Anda sering mengalami sulit tidur, menderita depresi, dan kecemasan tanpa alasan, maka hal tersebut bisa juga disebabkan karena adanya cacing di dalam perut.

Tanda #4
Dalam beberapa kasus kelelahan, nyeri tubuh, nyeri sendi, dan nyeri pada otot atau sendi juga bisa disebabkan karena adanya pergerakan cacing di dalam tubuh seseorang.

Tanda #5
Ketika cacing sudah bersarang di dalam tubuh, bahkan masalah kulit seperti eksim, gatal-gatal, dan ruam juga bisa sering terjadi tanpa alasan.

Tanda #6
Cacing-cacing tersebut bahkan juga bisa menyebabkan kekurangan darah dan zat besi. Hal ini bisa terjadi jika cacing di dalam tubuh memangsa sel-sel darah merah.

Tanda #7
Cacing bahkan bisa mematikan libido seseorang, menyebabkan buang air besar bercampur darah, dan mungkin membuat penderita sering muntah-muntah. Konsultasikanlah segera ke dokter untuk mengatasi masalah tersebut dan membasmi cacing parasit yang bersemayam di dalam tubuh anda.

Tanda #8 (Tambahan)
Jika Anda sering mengalami diare setelah traveling ke suatu tempat dan sempat makan makanan disana. Itu juga bisa menjadi pertanda adanya cacing parasit yang bersemayam di dalam perut Anda. Untuk memastikan, sebaiknya langsung diperiksakan ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga

Loading...