Home » Kesehatan» Enam Fakta Diabetes Tipe 2 yang Belum Anda Tahu

Enam Fakta Diabetes Tipe 2 yang Belum Anda Tahu

. . Tidak ada komentar:
Hampir semua orang akan langsung paham jika mendengar istilah “diabetes”.  Penyakit diabetes sudah sangat familiar dikarenakan telah banyak orang menderita penyakit ini dengan tidak memandang usia, baik mereka yang hidup desa maupun perkotaan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa pola makan dan gaya hidup yang buruk menjadi pemicu kenapa seseorang rentan terkena berbagai penyakit, termasuk diabetes dalm hal ini. Apalagi hidup di zaman seperti sekarang, dimana makan-makanan serba berpengawet, mengandung pemanis buatan dan tinggi kolestrol. Sulit rasanya untuk menghindari semua itu jika tidak dibarengi niat dan konsistensi yang kuat untuk hidup sehat.
Ilustrasi diabetes tipe 1 dan tipe 2
Diabetes, juga dikenal sebagai diabetes melitus diklasifikasikan dalam kelompok gangguan metabolisme dimana kadar glukosa/gula darah orang yang terkena (penderita) lebih tinggi dari normal biasanya. Ada dua jenis diabetes yang bisa diderita orang, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Pada diabetes tipe 2, tubuh orang yang menderita penyakit ini tidak dapat lagi memproduksi cukup insulin atau bahkan menolak  dihasilkan, sehingga dampaknya terciptalah lonjakan kadar gula darah.

Beberapa tanda atau gejala paling umum dari penyakit diabetes tipe 2 adalah sering buang air kecil, rasa lapar yang berlebihan (mudah lapar), gampang lelah, penurunan atau kenaikan berat badan, lambat penyembuhan luka, mual-mual, sakit kepala, dan lain-lain. Berikut ini beberapa fakta tentang diabetes tipe yang mungkin belum Anda tahu dan penting untuk diketahui:

Fakta #1
Jika seorang wanita melahirkan bayi yang memiliki berat lebih tinggi dari rata-rata, maka dia memiliki risiko mengalami diabetes tipe 2, disebabkan adanya perubahan hormonal dan berat badan.

Fakta #2
Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dapat diobati dan dampaknya dapat diatasi dengan perawatan yang tepat, diet, dan rajin berolahraga.

Fakta #3
Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 lebih banyak berkaitan dengan masalah gaya hidup dibandingkan dengan faktor genetika. Meskipun penyebab diabetes tipe 2 bisa saja karena faktor keturunan, namun relatif lebih rendah.

Fakta #4
Diabetes tipe 2 diketahui dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular, ketika lambat diobati.

Fakta #5
Tidak seperti penderita diabetes tipe 1, orang dengan diabetes tipe 2 sebenarnya masih boleh mengonsumsi permen, namun tetap dalam jumlah terbatas. Karena diabetes tipe 2 tidak terkait langsung dengan masalah produksi insulin dalam tubuh.

Fakta #6
Menurut sebuah penelitian, para ahli berpendapat bahwa wanita dengan sindrom ovarium polikistik lebih rentan terhadap penyakit diabetes tipe 2, karena masalah kelainan hormonal tertentu.

√Baca Juga√

Loading...