Home » Unik» Lima Manusia Berkemampuan Super yang Belum Anda Ketahui

Lima Manusia Berkemampuan Super yang Belum Anda Ketahui

. . Tidak ada komentar:
Saat membaca buku-buku komik superhero, kita pasti pernah berfantasi bagaimana jadinya jika memiliki kekuatan super seperti yang dimiliki oleh para tokoh superhero di dalam cerita. Sampai saat ini baik di dalam plot cerita buku maupun film, sosok manusia yang menjadi pahlawan dengan kekuatan ajaibnya masih menjadi tokoh idola dan disukai oleh banyak orang. Hal ini sangat wajar, karena sejak zaman dahulu kala manusia selalu memimpikan memiliki kekuatan-kekuatan super di atas normal.

Di dalam dunia nyata, kita pasti sudah pernah mendengar mengenai kisah-kisah orang yang memiliki kekuatan super nyata. Seperti kisah seorang master tenaga dalam dari China yang bisa mengeluarkan energi panas hanya dari telapak tangannya. Untuk menambah pengetahuan dan menggugah inspirasi dalam diri kita, berikut ini beberapa manusia lainnya dengan kemampuan super luar biasa yang masih jarang dikenal orang:

1. Zhou Ting-Jue, Manusia Super yang Bisa Mengeluarkan Panas dari Telapak Tangan
Grand Master Zhou Ting-Jue
Zhou Ting-Jue adalah seorang grand master berusia 89 tahun yang ahli dalam ilmu bela diri dan tenaga dalam seperti Tai Chi, Kung Fu, dan Qigong. Ia sudah dikenal banyak orang dari seluruh dunia karena kemampuan luar biasanya yang bisa menyalurkan Chi dari dalam tubuh ke telapak tangannya menjadi energi panas murni. Bahkan panas yang dihasilkan dari telapak tangannya sudah hampir mendekati titik didih (100 derajat celcius).

Selain kemampuan di atas, master Zhou juga dikenal memiliki kemampuan ajaib meringankan tubuh. Dengan kemampuan ini, ia bisa berdiri di atas lembaran kertas tipis tanpa merusaknya. Dalam kesehariannya, ia juga berprofesi sebagai juru sembuh dan mengklaim bahwa dengan melalui penyembuhan Qigong, ia bisa menghancurkan sel tumor, menyembuhkan luka kronis parah, serta berhasil mengobati penyakit non medis yang sulit untuk disembuhkan. Dalam kiprahnya, master Zhou sudah pernah mengobati penyakit dari Dalai Lama, anggota tim basket LA Lakers, atlet olimpiade, selebriti, dan bahkan pejabat-pejabat pemerintahan. Atas prestasinya tersebut, ia mendapat penghargaan langsung dari pemerintah China, yang kemudian membuatnya dikenal sebagai “The Jewel of China” dan “Treasure of the Nation”.

2. Harold Whitmore Williams, Manusia Super yang Menguasai dengan Fasih 58 Bahasa
Harold Whitmore Williams
Harold Whitmore Williams adalah seorang pria yang lahir di Auckland pada tahun 1876. Dalam sejarah kehidupannya, Harold mengatakan bahwa pada usia tujuh tahun, ia merasakan ada perubahan yang ajaib dalam dirinya karena kapasitas belajar bahasanya mengalami peningkatan yang luar biasa. Kemampuannya menguasai banyak bahasa tersebut dibuktikannya pada usia 52 tahun, ia bisa berbicara dengan fasih 58 bahasa termasuk, Inggris dan Irlandia Lama. Ia sangat fasih berbicara dalam bahasa Swedia, Basque, Bahasa Autria Emperium Hungaria, Ceko, Albania, Serbia, Rumania, Turki, China Mandarin, Jepang, Tagalog, Mesir Hittie, dan banya dialek-dialek lainnya.

3. Dean Karnazes, Manusia Super yang Bisa Berlari 3 Hari 3 Malam Tanpa Henti
Dean Karnazes
Bagi kebanyakan orang, berlari terus menerus selama beberapa jam saja sudah bisa bikin kita capek dan kehabisan napas. Hal ini disebabkan karena setiap tubuh manusia memiliki tingkat ambang laktatnya sendiri-sendiri.saat kita melakukan beberapa aktivitas fisik melebihi amabng laktat, hati akan berkontraksi dengan cepat, paru-paru kekurangan oksigen, dan kelelahan mulai menjuru di setiap titik otot. Namun bagi pelari ultramaraton Dean Karnazes, tak satupun hal ini terjadi pada dirinya. Bahkan ia mampu berlari selama berhari-hari dan malam tanpa tidur sekalipun.

Kemampuan super ini ia miliki karena kurangnya ambang laktosa dalam tubuhnya. Dalam sejarah hidupnya, ia sudah pernah menyelesaikan beberapa tes ketahanan fisik terberat seperti lari maraton di Kutub Selatan dengan suhu minus 25 derajat tanpa menggunakan sepatu salju. Dia bahkan juga pernah lari maraton di 50 negara dalam 50 hari berturut-turut pada tahun 2006. Bagi Karnazes, lari selama tiga hari tiga malam berturut-turut tanpa henti adalah sesuatu hal yang sangat mudah dilakukan.

4. Shakuntala Devi, Manusia Komputer Hidup dari India
Catatan rekor Shakuntala Devi
Lahir di sebuah keluarga ortodoks Brahmana, kemampuan luarbiasa matematikanya disadari oleh ayahnya saat ia mengajak putrinya (yang waktu itu baru berusia 3 tahun) untuk bermain sebuah permainan kartu. Tanpa diduga, ternyata Shakuntala kecil mampu mengalahkan ayahnya dengan mudah karena menghapalkan setiap lembar kartunya saat itu juga. Mulai saat itu, ia banyak diikutkan ayahnya untuk menunjukkan bakatnya dalam setiap acara di sekolah dan bisnis.

Saat remaja, ia kemudian pindah ke London dan dengan segera ia menjadi terkenal di seluruh dunia dengan julukan “Manusia Komputer”. Ia memcahkan rekor dan sudah tercatat dalam Guinness Book of World Records pada tahun 1982, setelah berhasil mengalikan 13 digit angka (7,686,369,774,870 X 2,465,099,745,779) dan menemukan jawabannya (18,947,668,177,995,426,773,730) hanya dalam waktu 28 detik. Bahkan manusia normal menggunakan kalkulator saja memerlukan waktu setidaknya 2 menit hanya untuk mengetikkan angka-angkanya (hehe).

Prestasi luar biasa lain yang pernah diraihnya termasuk:

  • Pada tahun 1977, di Southern Methodist University, Dallas, ia berhasil mengekstrasi akar ke-23 dari 201 digit angka dalam waktu 50 detik. Mengalahkan komputer UNIVAC 1101, yang mana memerlukan waktu selama 62 detik;
  • Pada tahun 1988, seorang profesor psikologi, Arthur Jensen, tertari untuk menguji kemampuan wanita Manusia Komputer tersebut. ia diminta untuk menghitung akar pangkat tiga dari 61.629,875 dan akar ketujuh dari 170.859.375. Jensen melaporkan bahwa Shakuntala Devi mampu memberikan jawabannya dengan cepat (masing-masing 395 dan 15) bahkan sebelum ia selesai menyalin angka-angka tersebut dalam buku catantannya;
  • Saat tur di Eropa, setelah berkunjung di BBC dan University of Rome, pengujinya sempat mengucapkan bahwa jawaban yang ia sebutkan salah. Namun beberapa saat kemudian, mereka mengklarifikasi bahwa timnya sendiri yang telah melakukan kesalahan dalam penghitungan;
  • Selain dijuluki sebagai Manusia Komputer, Shakuntala Devi juga seorang peramal kondang, penulis buku masak, dan novelis.

5. Daniel Kish, Manusia Super dengan Penglihatan Kelelawar
Daniel Kish
Mulai buta sejak bayi pada usia 13 bulan, Daniel bersikeras untuk bisa melihat dunia disekelilingnya dengan memelajari tekni penglihatan echolocation seperti yang dimiliki oleh binatang kelelawar. Ia belajar ototdidak untuk membedakan perbedaan gema suara yang dihasilkan lidahnya dan kemudian menginterpretasikan maknanya.

Daniel Kish dilahirkan memiliki kanker mata yang disebut retinoblastoma. Untuk menyelamatkan nyawanya, dokter terpaksa harus mengangkat kedua bola matanya saat ia baru berumur 13 bulan. Daniel mulai menggunakan teknik echolocation pada usia dua tahun. dia mengatakan bahwa membunyikan lidah untuk echolocation datang secara naluriah. Dengan menggunakan teknik ini, ia dapat mendeteksi bangunan berjarak 1000 kaki, pohon sejauh 30 kaki, dan orang sejauh 6 kaki.

Dia bahkan juga bisa mendeteksi diameter tiang terdekat  berdiameter 1 inchi atau mengetahui letak bola golf. Selain itu, ia juga dapat membedakan bermacam benda dengan menggunakan teknik ini. Dia bisa dengan mudah membedakan antara truk pickup, mobil penumpang, dan SUV.

Saat ini, Daniel Kish merupakan seorang Presiden dari World Access for the Blind (WAFTB), yang merupakan organisasi nirlaba yang ia dirikan sendiri pada tahun 2000. Dengan bantuan dari organisasinya, ia telah mengajarkan teknik echolocation setidaknya kepada 500 anak-anak tunanetra di seluruh dunia.

Baca Juga

Loading...