Home » Lainnya» Sosial» Lima Dampak Paling Buruk Berhubungan Seks Sebelum Menikah

Lima Dampak Paling Buruk Berhubungan Seks Sebelum Menikah

.
Jangan salah, hasrat seksual dan cinta itu adalah dua hal yang tidak sama. Jika dianalogikan, hasrat seksual adalah nafsu yang menjelma mirip dengan perasaan cinta namun efeknya hanya sesaat atau tidak bertahan lama. Sedangkan, Cinta adalah perasaan mengasihi dan menyayangi seseorang karena memang kecocokan dari hati ke hati dan efeknya bisa bertahan sangat lama atau bahkan abadi. Cinta orang tua kepada anaknya adalah salah satu contoh bukti dari cinta sejati.
Penyesalan
Begitu pula dalam hal berpacaran, ada suatu istilah yang dinamakan dengan pacaran sehat. Sebuah hubungan dikatakan sehat jika keduanya memiliki keseimbangan baik secara fisik maupun emosional. Lantas bagaimana jika saat berpacaran memutuskan untuk berhubungan seksual terlebih dahulu sebelum menikah?. Maka besar kemungkinan hal tersebut merupakan tanda dari cinta nafsu belaka yang tidak tersadari. Lebih dari itu, berikut ini beberapa dampak paling buruk berhubungan seks sebelum menikah yang bisa jadi pertimbangan:

1. Hubungan putus di tengah jalan 
Jika sebuah hubungan asmara hanya didasari nafsu belaka. Maka seringkali orang akan mudah merasa bosan setelah memeroleh apa yang diinginkannya. Mereka hanya bisa mengeluh dan mengatakan kepada pasangannya bahwa kegembiraan yang dulu kini sudah hilang. Mereka lalu mulai mencari masing-masing kesalahan untuk dijadikan alasan memutuskan hubungan. Hal ini akan menjadi petaka jika salah satu pihak tidak rela atau merasa dirugikan.

2. Hamil di luar nikah
Memutuskan untuk melakukan hubungan seksual sebelum menikah juga berisiko mengalami kehamilan yang tidak diinginkan atau terkena penyakit menular seksual seperti HIV atau sipilis. Jika sudah demikian, maka dampaknya juga bisa mengarah pada kesehatan psikologi seseorang.

3. Penyesalan batin
Seringkali hubungan seks yang dilakukan sebelum menikah akan menjadi memori penyesalan tersendiri pada akhirnya. Jika seseorang terpaksa menikah karena harus bertanggung jawab atas perbuatannya. Maka dalam berumahtangga biasanya akan sering terjadi pertengkaran atau rasa penyesalan yang mendalam.

4. Gagal menikah
Ada pasangan yang sudah berpacaran selama bertahun-tahun, namun di tengah jalan mereka memutuskan untuk melakukan hubungan seks terlebih dahulu sebelum menikah. Setelah mendapatkan apa yang diinginkannya, dengan segera mereka mulai merasakan kebosanan hubungan. Saat mengetahui ada orang lain yang lebih menarik, mereka kemudian berubah pikiran dan membatalkan pernikahan yang sudah lama direncanakan.

5. Beban sosial
Jika orang-orang sekitar tahu bahwa Anda berpacaran dengan si A dan pernah melakukan hubungan seks sebelum menikah (kepergok misalnya). Maka hal ini akan menjadi masalah keluarga dan beban sosial tersendiri. Seringkali orang yang bersangkutan tidak akan dihargai atau gampang diremehkan oleh tetangga dan masyarakat sekitarnya, seolah-olah tidak memiliki harga diri lagi. Tentu saja kita semua tidak mau seperti itu.

Selalu camkan dalam hati dan pikiran bahwa melakukan hubungan seks tanpa ada ikatan resmi baik secara hukum dan agama adalah perbuatan zina yang dosanya sungguh sangat besar yang harus kita pertanggunjawabkan di alam akhirat nanti. Jangan biarkan nafsu menguasai diri Anda, berpacaranlah dengan cara yang sehat dan tidak merugikan satu sama lain.

Baca Juga

Loading...