Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Manfaat Ajaib Alam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tujuh Manfaat Ajaib Alam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

.
Kondisi alam dimana tempat kita tinggal memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan fisik dan mental tanpa kita sadari. Tahukah Anda bahwa kondisi alam yang sehat dan alami dapat membantu menurunkan detak jantung tidak normal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Berada di alam terbuka
Dalam contoh kehidupan sehari-hari, seringkali orang yang hidup di perkotaan dimana kondisi alamya sudah tidak alami lagi, cenderung lebih mudah mengalami kegelisahan, depresi dan gangguan mental lainnya dibanding orang-orang yang tinggal di pedesaan dengan kondisi alamnya yang masih alami.

Pada hakekatnya manusia memiliki ikatan yang kuat dengan alam semesta dan bahkan beberapa peneliti kini telah menemukan serta membuktikan manfaat  nyata alam bagi kesehatan manusia. Hal ini juga dibuktikan dengan sudah banyaknya cabang ilmu pengobatan alternatif yang kini memanfaatkan energi alam semesta untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia, contoh dari cabang ilmu tersebut seperti Reiki, Prana, Taichi, dll.

Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat dan bagaimana cara alam dalam membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia:

1. Menormalkan Ritme Detak Jantung
Menurut sebuah penelitian, efek menenangkan dari suara alam sangat bagus untuk kesehatan jantung dan berpengaruh pada hormon. Para ahli menganjurkan agar kita selalu membiasakan diri berada di tengah-tengah alam terbuka, misalnya hutan, dekat mata air, pegunungan alami, dll, setidaknya selama 20 menit setiap hari agar kesehatan tubuh dan pikiran tetap terjaga.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Aroma khusus dari kabut dan pohon tertentu diketahui dapat membantu meningkatkan aktivitas sel-sel pembunuh alami (sel imun) dalam tubuh manusia. Dengan meningkatnya sel pembunuh tersebut, maka kita akan memiliki tubuh yang senantiasa sehat dan tidak gampang terserang penyakit.

3. Meningkatkan Rasa  Welas Asih
Ada beberapa pohon tertentu yang diketahui dapat memicu perasaan murah hati, welas asih dan meningkatkan hubungan antar sesama. Saat kita berbesar hati, maka penderitaan pribadi yang kita alami akan tampak lebih kecil.

4. Meningkatkan Kecerdasan Otak
Menghabiskan lebih banyak wakti di alam diketahui dapat meningkatkan jalur saraf penting pada otak dan sekaligus juga dapat meningkatkan ketrampilan motorik seseorang.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental
Menghabiskan waktu sendirian di alam tidak hanya dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental kita. Berjalan tanpa alas kaki selama 90 menit di taman (yang hijau) dapat mengurangi tingkat depresi seseorang. Hal ini dikatakan sebagai salah satu cara penyembuhan terbaik yang ditawarkan alam kepada manusia.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur
Berada dalam suasana kondisi alam yang masih alami dapat membantu meningkatkan kognitif (daya nalar) dan juga meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jika Anda sering merasakan susah tidur atau tidur tidak nyenyak akhir-akhir ini, maka mulai saat ini luangkanlah waktu anda untuk mengambil liburan di alam terbuka.

7. Meningkatkan Kesadaran Diri (Awarness)
Sering gagal dalam melakukan suatu hal , tidak percaya diri, ragu-ragu, sudah dalam memahami sesuatu, adalah beberapa tanda kurangnya kesadaran dalam diri kita. Semakin meningkat kesadaran seseorang, maka semakin cerdas pula cara berpikirnya. Hal ini dapat ditingkatkan dengan kita banyak menenangkan diri (meditasi) dalam suasana alam yang hening dan alami.

Baca Juga

Loading...