Index Labels

Home » Kesehatan» Tujuh Waktu Terbaik Minum Air Putih, Manfaatnya Luar Biasa

Tujuh Waktu Terbaik Minum Air Putih, Manfaatnya Luar Biasa

.
Kita pasti sudah sering dengar orang mengatakan bahwa minum air putih baik untuk kesehatan, terutama bagi mereka yang banyak bekerja di lapangan agar tidak mengalami dehidrasi. Namun tahukah Anda kapan waktu dan jumlah air yang tepat untuk kita minum sehingga memperoleh manfaatnya secara maksimal?.
Minum air putih
Banyak dari kita yang sudah mengetahui bahwa minum air putih memang bagus untuk kesehatan, tetapi masih bingung tentang berapa jumlah dan kapan waktu yang tepat untuk meminumnya. Ada yang mengatakan bahwa orang dewasa harus minum sebanyak 8 gelas sehari, sementara yang lain mengatakan bahwa kita harus minum setidaknya 3-4 liter air setiap hari. Ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa kita harus minum lebih banyak air menjelang siang dan mengurangi setelahnya.

Banyaknya saran dan masukkan berbeda-beda yang kita terima justru malah membuat kita semakin kesulitan untuk memilih mana cara yang paling baik dan benar. Pada artikel kali ini, Kampungbaca akan menjelaskan tentang manfaat minum air putih pada waktu yang baik dan tepat serta alasan penting di balik itu.

1. Segera Setelah Bangun Pagi
Saat bangun tidur di pagi hari, disarankan untuk segera minum air putih setidaknya 1-2 gelas. Hal ini penting untuk merangsang organ-organ serta membantu menghilangkan racun (toksin) yang masih mengendap di dalam tubuh.

2. Sebelum Beranjak Tidur
Minum segelas air sebelum tidur dapat mencegah kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga dengan demikian juga dapat membantu mencegah risiko stroke dan serangan jantung.

3. Sebelum Mandi Pagi atau Sore

Minum segelas air putih sebelum mandi dapat membantu mengatur tekanan darah tetap normal. Hal ini juga dapat membantu menyeimbangkan suhu dalam tubuh, sehingga saat mandi kita tidak terlalu kedinginan.

4. Sebelum dan Sesudah Makan
Minum satu gelas air setengah jam sebelum makan sangat bagus untuk kesehatan. Hal ini tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga dapat menekan nafsu makan yang berlebihan. Jadi bagi Anda yang tengah menjalani program diet penurunan berat badan, cara ini bisa Anda lakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Di sisi lain, minum air setengah jam setelah makan dapat memudahkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan.

5. Sebelum dan Setelah Berolahraga

Minum satu atau dua gelas air putih sebelum berolahraga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Begitu pula, minum air putih setelah berolahraga juga penting untuk menormalkan tingkat cairan dalam tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

6. Saat Kita Sakit
Dibandingkan kondisi biasa saat kita sehat, minum lebih banyak air putih pada saat kita sakit juga sangat penting. Hal ini dapat membantu dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah segala jenis dampak lain yang ditimbulkan akibat dehidrasi. Selain itu, minum air putih juga dapat melenyapkan bakteri atau virus yang menyebabkan kita sakit.

7. Saat Lelah atau Capek
Jika Anda merasa sering mudah lelah, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh anda tidak mendapatkan asupan air yang cukup. Minum segelas air dapat membantu memaksimalkan energi dalam tubuh sehingga efeknya kita bisa lebih bersemangat dan tidak gampang lelah.

Baca Juga

Loading...