Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» 6 Fakta Tentang Kolagen yang Menarik untuk Diketahui

6 Fakta Tentang Kolagen yang Menarik untuk Diketahui

. . 1 komentar:
Sebagian besar dari kita mungkin telah sering mendengar kata “kolagen”, tetapi tahukah Anda apa kolagen itu sebenarnya?. Kolagen merupakan komponen paling penting yang dibutuhkan oleh kulit kita, atau suatu nutrisi yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Jumlah yang tepat kadar kolagen dalam tubuh dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta meningkatkan kesehatan kulit agar senantiasa tampak awet muda.
Kolagen dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini
Kolagen mencegah tanda-tanda penuaan dini
Sebaliknya, kekurangan kadar kolagen dalam tubuh dapat menyebabkan rambut gampang rontok, kulit kering, kulit yang tampak layu (bergelambir), dan kuku yang rapuh. Kolagen bisa menipis dalam tubuh kita disebabkan karena mengonsumsi alkohol, komsumsi gula berlebih, dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita lebih jauh, berikut kami sajikan beberapa fakta menarik tentang kolagen yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu Memperbaiki Elastisitas Kulit
Kolagen yang diserap dengan jumlah tepat dalam tubuh dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini membantu untuk mencegah kulit kendur dengan cara menyatukan sel-sel kulit. Kolagen adalah salah satu protein penting dalam tubuh yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel, sehingga efek penuaan dini dan kulit keriput dapat dicegah.

2. Kolagen Terdapat dalam Berbagai Produk Krim Kecantikan
Ada beberapa krim dan lotion di pasaran yang mengandung jumlah tinggi kolagen di dalamnya. Menggunakan krim dan lotion yang mengandung kolagen dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, terutama kulit. Manfaatnya untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

3. Buah-buahan yang Kaya Vitamin C dapat Meningkatkan Level Kolagen
Buah-buahan dengan jumlah tinggi vitamin C dan Vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Jeruk adalah satu buah-buahan yang dikenal sangat bagus untuk meningkatkan elastisitas kulit, sehingga jika dikonsumsi secara teratur akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

4. Rahasia untuk Meningkatkan Produksi Kolagen
Salah satu rahasia untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. Menurut para ahli kecantikan, disebutkan bahwa eksfoliasi kulit dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dengan mudah. Eksfoliasi kulit akan membersihkan sel-sel kulit mati dari tubuh, sehingga memicu tubuh untuk memroduksi lebih banyak kolagen.

5. Memperbaiki Tekstur Kulit
Jumlah kolagen yang tepat dalam tubuh dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan bikin awet muda. Kolagen dalam tubuh dapat menggantui jaringan rubuh yang rusak dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru. Orang dengan jumlah kolagen yang cukup dalam tubuh seringkali memiliki kulit dengan tekstur lebih kenyal, bebas kerut dan lembut.

6. Kolagen Dapat Membuat Kulit Tampak Bercahaya
Seperti telah disebutkan sebelumnya, 30 persen dari tubuh terbuat dari kolagen dan jumlah kolagen yang tepat dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Kolagen dapat mengikat sel-sel kulit dan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

√Baca Juga√

Loading...
Firdaus mengatakan:

Suntik kolagen, dimana gan?