Home » Kesehatan» 7 Tips Dasar Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

7 Tips Dasar Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

.
Obesitas atau berat badan berlebih kini telah menjadi masalah umum yang dialami oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Obesitas seringkali diidentikan dengan tubuh yang tidak sehat, rentan terserang penyakit, dan mengurangi penampilan seseorang. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu menurunkan berat badan selain diet ketat dan olahraga sesekali. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu menurunkan badan secara lebih mudah dan alami:
Berat badan turun
Berat badan turun
1. Awali Hari dengan Minum Air Lemon
Air perasan lemon adalah minuman yang baik sekali untuk menurunkan berat badan. Jus lemon dapat membantu memberikan nutrisi yang diberikan untuk membakar lemak menjadi energi dan mencegah naiknya berat badan. Pastikan agar selalu rutin minum jus lemon meski setelah berat badan turun, guna menjaga berat badan tetap ideal.

2. Konsumsi Cuka Sari Apel
Kandungan asam asetat yang terdapat pada cuka sari apel sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Asam asetat akan menghentikan proses pembentukan lemak berlebih dalam tubuh. Cuka sari apel juga dapat membantu memudahkan proses penyaringan nutrisi dari makanan yang kita makan, mengatasi masalah pencernaan, dan melawan infeksi. Konsumsi cuka sari apel sesuai aturan dan jangan sampai berlebihan.

3. Ganti Teh Biasa Anda dengan Teh Hijau
Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Teh hijau sangat kaya akan antioksidan yang efeknya dapat membantu tubuh mengurai makanan dan mempercepat penurunan berat badan. Senyawa katekin yang terdapat dalam teh hijau sangat baik untuk membakar lemak. Selain itu, antioksidan juga memiliki sifat melawan radikal bebas dan mempercepat penyembuhan penyakit.

4. Olahraga
Jika Anda ingin menurukan berat badan dengan cara yang sehat dan alami, maka tidak ada cara lain selain berolahraga secara teratur. Melakukan aktivitas fisik ringan dan keras akan membantu menurunkan berat badan dan sekaligus mengontrol berat badan tetap ideal. Selain itu, olahraga juga bermanfaat mengurangi stres, meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan meninngkatkan kualitas tidur. Ini bisa menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan jenis-jenis kanker tertentu.

5. Makan-makanan Sehat (Diet Sehat)
Diet sehat dan rendah kalori adalah juga bagian terpenting untuk membantu proses penurunan berat badan secara alami. Pastikan untuk selalu mengonsumsi buah-buahan segar,  sayur-sayuran, dan biji-bijian, hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti produk junk food atau makanan lain yang berpengawet. Jauhi pula makanan yang digoreng dan berlemak serta makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam.

Jangan pula makan-makanan yang terbuat dari tepung putih seperti roti putih, kue (jajanan), muffin, pizza, hotdog, burger, pasta, dan makanan sejenis lainnya. Ganti dengan makanan yang mengandung gandum murni, berlebel “100 persen gandum”. Gunakan minyak kelapa murni sebagai campuran makanan sehari-hari, karena sangat mudah dicerna, baik untuk kesehatan, dan membantu mempercepat penguraian makanan.

6. Minum Cukup Air
Minum air putih dalam jumlah cukup dapat membantu membersihkan toksin dari dalam tubuh. Para ahli menyarankan orang dewasa agar minum 8 sampai 10 gelas dalam sehari. Selain membantu membersihkan racun, air putih juga membantu pembakaran lemak lebih cepat dalam tubuh. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air juga sangat disarankan.

7. Tidur yang Cukup
Istirahat dan tidur yang cukup juga sangat penting untuk membantu proses penurunan berat badan. Bahkan, tidak memeroleh tidur berkualitas akan memengaruhi hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Sehingga seringkali orang yang tidurnya kurang atau tidak berkualitas akan memiliki kecenderungan selalu merasa ingin makan atau bahkan malas makan. Kurang tidur juga dapat memengaruhi sistem metabolisme dan pennguraian lemak menjadi energi dalam tubuh.

Baca Juga

Loading...