Index Labels

Home » Ramuan Herbal» Cara Buat Sendiri Parfum Alamiah Dari Bunga Kenanga

Cara Buat Sendiri Parfum Alamiah Dari Bunga Kenanga

.
Saat ini, sangat banyak sekali beraneka macam jenis parfum yang beredar di pasaran, mulai dari yang berharga murah hingga jutaan rupiah kita tinggal pilih sesuai selera dan kemampuan masing-masing. Namun sebagian besar parfum yang ada telah menggunakan bahan-bahan kimiawi yang terkadang memiliki efek samping kurang menguntungkan bagi kesehatan. Keberadaan parfum ini memang sangat membantu sekali bagi mereka yang memiliki masalah bau badan, karena dengan cukup sekali semprot bau badan yang tidak sedap bisa langsung teratasi. Makanya muncul istilah “Ora Adus Asal Ambune Ora Lebus”, yang artinya “Tidak mandi gak masalah asal baunya tidak menyengat”.
Bunga Kenanga
Parfum semacam itu memang efeknya sangat kuat sekali untuk menyamarkan bau badan, tapi efeknya tidaklah permanen, melainkan hanya sementara saja. Terkadang saat keluar rumah, kita tidak sengaja kehujanan sampai basah kuyup dan aroma parfumpun akan langsung luntur seketika. Bisa juga saat cuaca sangat panas membuat kita banyak berkeringat sehingga juga akan melunturkan aroma parfum yang kita pakai.

Oleh karena itulah, kita sebenarnya memerlukan aroma parfum yang bisa mengharumkan dari luar dan dalam. Solusinya adalah dengan menggunakan parfum alamiah yang terbuat dari campuran bunga kenanga berikut. Untuk membuat parfum alamiah dari bunga kenanga ini, kita perlu menyediakan 2 genggam bunga kenanga segar dan temu giring (Curcuma heyneana) yang sudah dikupas bersih juga satu genggam. Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional atau toko tanaman obat herbal.

Kedua bahan yang sudah Anda sediakan tadi lalu ditumbuk bersamaan sampai halus. Kemudian dibuat membentuk tablet dengan ukuran kira-kira sebesar kelereng atau dibuat seperti kapsul juga boleh. Setelah Anda bentuk, langkah selanjutnya adonan dijemur dan dikeringkan di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, tablet atau kapsul tersebut lalu Anda simpan di dalam toples untuk persediaan. Ramuan bisa langsung ditelan seperti minum obat pada umumnya atau bisa juga dimakan dengan buah pisang jika Anda lebih menyukai cara ini.

Selain cara di atas, ada juga cara lain yang lebih mudah yaitu dengan sering mengonsumsi lalapan daun kemangi atau beluntas. Cara mengolahnya disesuaikan dengan selera masing saja, bisa dengan direbus, kemangi dimakan mentah-mentah untuk lalapan, atau kemangi dan beluntas dimasak bersamaan sebagai hidangan botok. Mengonsumsi secara rutin botok’an kemangi dan beluntas akan menyingkirkan masalah bau badan dan Anda akan tampil dengan lebih penuh percaya diri.

Baca Juga

Loading...