Index Labels

Home » Kesehatan» Cara Gunakan Baking Soda Sebagai Suplemen Kesehatan Tubuh

Cara Gunakan Baking Soda Sebagai Suplemen Kesehatan Tubuh

.
Saat mendengar kata “suplemen”, kebanyakan orang akan langsung berpikiran bahwa itu adalah produk mahal yang hanya dijual di apotek atau tokok-toko obat. Namun tahukah Anda, bahkan baking soda pun sebenarnya bisa digunakan sebagai suplemen kesehatan tubuh kita. Umumnya, orang hanya tahu bahwa baking soda adalah salah satu bahan dapur yang digunakan sebagai campuran untuk membuat kue atau jenis makanan-makanan tertentu lainnya. Pada artikel ini, kami akan tunjukkan kepada Anda bagaimana cara pemanfaatan baking soda sebagai suplemen tubuh.
Manfaat baking soda
Baking soda
Sehabis olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat dan melelahkan, kita pastinya akan mengalami kecapaian dan kelelahan. Baking soda bisa untuk mengatasi hal ini dan me-restore energi kita yang hilang, tentunya dengan dosis dan aturan yang tepat guna. Namun sebelum itu, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu  apa itu baking soda dan fakta-fakta terkait baking baking soda berikut ini.

Apa Itu Baking Soda?
Secara kimiawi, baking soda tidak lain adalah sodium bikarbonat. Hampir di setiap dapur rumah tangga, produk ini selalu ada. Beberapa orang menggunakannya untuk bahan campuran membuat makanan dan beberapa yang lain menggunakannya untuk tujuan pembersihan.

Apakah Baking Soda Alami?
Baking soda adalah bahan yang bersifat alkalin secara alami. Secara manfaat, dapat mengembalikan keseimbangan pH dalam tubuh. Pada dasarnya jika dikonsumsi secara tepat, baking soda dapat menetralkan kadar asam dalam tubuh.

Bagaimana Baking Soda Membantu Meningkatkan Kesehatan?
Saat kita melakukan aktivitas fisik yang keras, tubuh akan menggunakan semua cadangan karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi. Selama proses tersebut, asam laktat (produk sampingan) akan terakumulasi dalam darah. Asam laktat dapat menyebabkan efek kelelahan pada tubuh. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan suatu kondisi berbahaya yang dikenal dengan asidosis laktat. Nah, baking soda secara khusus bisa mencegah hal tersebut.

Baking Soda Sebagai Suplemen
Tahukah Anda, banyak atlet telah menggunakan baking soda layaknya sebagai suplemen kesehatan tubuh. Baking soda dapat menetralisir penumpukkan asam laktat, sehingga bisa menunda kelelahan. Dengan begitu, para atlet akan bisa lebih mendongkrak kinerja mereka.

Apa yang Dilakukan Para Atlet dengan Baking Soda?
Beberapa atlet mencampurkan baking soda dengan jus lemon dan diminum sebelum perlombaan dimulai guna meningkatkan daya tahan dan kinerja mereka.

Manfaat lain Baking Soda
Ada beberapa manfaat dai mengonsumsi baking soda, diantaranya dapat meredakan pencernaan, mengobati sakit maag, memutihkan gigi dan juga bekerja layaknya deodoran yang mengekang bau badan bila digunakan secara eksternal.

Berapa Dosisnya?
Anda bisa mengawalinya dengan 0,1 gram baking soda per setiap kilo dari berat badan anda. Misalnya bedan anda 70 kilogram, maka Anda bisa mengonsumsi 7 gram baking soda dalam sehari. Anda dapat mengonsumsinya paling tidak beberapa jam sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat. Konsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung karbohidrat.

Perhatian: Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda menggunakan baking soda. Pada beberapa orang, baking soda dapat menyebabkan masalah pencernaan, kejang otot, detak jantung tidak teratur, dan lain-lain. Terutama wanita hamil, dilarang keras mengonsumsi baking soda.

Baca Juga

Loading...