Index Labels

Home » Teknologi» Cara Mendapatkan Sertifikat SSL (HTTPS) untuk Blog Gratis

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL (HTTPS) untuk Blog Gratis

.
Keamanan sangatlah penting untuk situs web manapun dalam membangun sebuah kepercayaan terhadap pengunjung dan meningkatkan kredibilitas yang lebih baik. Hal ini diperlukan untuk situs yang berbasis transaksional dan keanggotaan guna mengenkripsi lalu lintas data sensitif yang dikirimkan dari klien ke pusat server website. Jadi jika Anda memiliki sebuah situs semisal forum atau jual beli online, maka sangat diwajibkan agar memasang enkripsi SSL atau HTPPS protocol demi keamanan.
Cara mendapatkan https gratis
Sertifikat SSL (HTTPS) gratis
HTTPS juga bisa meningkatkan peringkat sebuah situs website di mesin pencari sehingga Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakannya juga. Namun untuk memasang sertifikat SSL tidaklah murah, karena kita harus membayar sewa bulanan hingga tahunan sama seperti halnya sewa domain namun lebih mahal (tergantung jenis SSL yang digunakan). Namun Anda tidak perlu khawatir dengan masalah biaya, karena ada beberapa perusahaan yang menyediakan sertifikat SSL gratis untuk para webmaster yang ingin lebih mengamankan websitenya. Berikut ini merupakan akronim yang berkaitan dengan keamanan website yang mungkin belum Anda ketahui:

• SSL – Secure Socket Layer
• HTTPS - Hypertext Transfer Protocol Secure
• TLS – Transport Layer Security
• CDN – Content Delivery Network
• DV – Domain Validated
• ACME – Automated Certificate Management Environment

Dan berikut adalah beberapa penyedia sertifikat SSL (HTTPS) gratis 100% yang bisa Anda pilih salah satunya:

1. Let’s Encrypt
Let’s Encrypt adalah proyek kolaborasi antara Linux Foundation dengan otoritas sertifikat baru yang disponsori oleh Mozilla, Akamai, SiteGround, Facebook, dan lain-lain. Mereka menawarkan Sertifikat SSL (HTTPS) gratis kepada para pengguna yang memerlukannya. Layanan ini sangat bagus untuk menghemat biaya agar bisa diterapkan dalam lingkungan non produksi.

Semuanya serba otomatis, artinya Anda tidak perlu lagi repot-repot meluangkan waktu untuk membuat CSR dan mengirimnya ke otoritas CA agar bisa disetujui. Semuanya sudah dikerjakan secara otomatis dibalik layar dan Anda tinggal mendaftar, pasang dan aktif.

2. Comodo
Comodo menawarkan SSL gratis tanpa biaya sepeserpun selama 90 hari. Layanan ini sangat cocok jika Anda ingin sekedar belajar tentang dunia SSL dan cara kerjanya atau bisa juga digunakan untuk sebuah proyek jangka pendek. Segera dapatkan sertifikat SSL gratis anda yang bisa langsung diaktifkan dalam hitungan menit dengan kekuatan dan enkripsi bit tertinggi. Hampir semua mayoritas browser mengenali sertifikat SSL yang dikeluarkan Comodo, dengan dintandai sebuah logo HTTPS disamping kiri alamat website.

3. Cloud Flare
Cloud Flare adalah sebuah layanan CDN (Content Delivery Network) dan Perusahaan Keamanan. Mereka menawarkan produk yang bisa membuat situs website anda berjalan lebih cepat dan aman. Banyak sekali ditus-situs populer yang menggunakan jasa dari Cloud Flare termasuk Reddit, Yelp, Mozilla, StackOverflow, dan lain-lain.

Kabar baiknya, baru-baru ini Cloud Flare mengumumkan SSL universal secara gratis untuk semua penggunanya, termasuk yang menggunakan akun Free Plan. Jika kebetulan saat ini Anda menggunakan Cloud Flare dan belum mengaktifkan SSL, berikut ini tutorial singkat cara mengaktifkannya.

- Login ke Cloud Flare;
- Pilih situs web yang ingin Anda aktifkan SSL-nya;
- Klik icon Crypto;
- Pastikan konfigurasinya sebagai “Flexible” dan status menampilkan “ACTIVE CERTIFICATE”.

Tunggu beberapa saat sampai aktif dan Anda bisa mengeceknya secara berkala dengan mengakses situs web anda dengan https.

4. StartCom
StartCom memberikan sertifikat SSL gratis untuk penggunaan pribadi dan untuk mengaktifkan fasilitas ini, Anda perlu memvalidasi kepemilikan domain. Disana, Anda bisa memilih sertifikat SSL DV 1 kelas terbatas secara gratis tanpa biaya sepeserpun. Sangat cocok untuk website/blog pribadi. Ranking situs di mesin mencari bisa langsung melejit.

5. WoSign
WoSign adalah salah satu perusahaan lain yang memberikan sertifikat gratis selama dua tahun tanpa biaya tersembunyi apapun. SSL dari WoSign mendukung algoritma SHA2. Jika Anda tertarik menggunakan SSL gratis dari WoSign, silahkan kunjungi link

6. SSL For Free
SSL For Free menggunakan server Let’s Encrypt ACME untuk memvalidasi domain yang akan Anda daftarkan. Layanan ini 100% gratis dan sertifikat SSL bisa langsung diaktifkan dalam hitungan menit.

Beberapa layanan SSL lain yang menawarkan gratis selama 30 hari:

GeoTrust
Symantec
Entrust (2 bulan)
Trustico
Quality SSL

Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang kebetulan saat ini mungkin membutuhkan layanan SSL (HTTPS) gratis untuk website/blog. Lantas kenapa blog ini tidak memasang sertifikat SSL?. Sebenarnya bukan tidak memasang sih, cuman belum saatnyan saja. Masih perlu pengoptimalan lain yang lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat...

Baca Juga

Loading...