Home » Pengetahuan Umum» Video» Cara Mengetahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu dengan Cuka

Cara Mengetahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu dengan Cuka

.
Cara Membedakan Antara Emas Asli dan Palsu ~ Banyak orang yang belum begitu paham bagaimana cara membedakan antara emas yang asli dan palsu. Jika diperlihatkan antara emas asli dan palsu, sekilas memang tampak cukup sulit untuk membedakan antara keduanya. Saat bertransaksi dengan seseorang kita perlu tahu apakah emas yang diperjual belikan tersebut asli (mengandung emas murni) atau hanya barang imitasi yang dibentuk meyerupai emas (dengan sedikit campuran emas asli). Tentunya kita semua tidak ingin tertipu bukan?.
Membedakan emas asli dan palsu
Membedakan emas asli dan palsu
Bagi mereka yang sudah lama menggeluti dunia perhiasan, pasti tidak terlalu kesusahan untuk membedakan mana emas yang asli dan emas yang palsu secara cepat. Tapi bagi orang awam seperti kebanyakan, pasti akan kebingungan atau bahkan langsung percaya begitu saja dengan omogan orang lain tanpa harus mengeceknya sendiri. Untungnya, ada cara mudah untuk mengetahui atau membedakan apakah emas tersebut asli atau tidak. Cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan dapur yang ada di rumah anda. Baik langsung saja, kita simak bagaimana caranya berikut ini.

1. Kita ambil emas yang mau dicek, bersihkan terlebih dahulu semua debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan selembar kain. Kemudian kita cuci dengan air bersih untuk membuang kotoran-kotoran tersebut;

2. Langkah selanjutnya kita ambil alat penetes atau dropper dan isi dengan cuka di dalamnya. Kemudian teteskan dua atau tetes cuka jika ukuran emasnya kecil. Dan jika ukuran emasnya cukup besar, kita perlu memasukkannya ke dalam sebuah wadah piring yang diisi dengan cuka;

3. Lihat dan amati setiap perubahan yang terjadi. Emas asli tidak akan terpengaruh dan tidak bereaksi dengan oksigen cuka dan juga tidak akan terjadi korosi pada emas. Sebaliknya, jika tampak terjadi perubahan warna pada cuka atau bahkan korosi, berarti emas tersebut bukanlah barang asli. Warnanya akan berubah hitam karena reaksi dari cuka.

Jika Anda masih bingung, silahkan simak dan pahami video tutorialnya di bawah ini, semoga bermanfaat:

Baca Juga

Loading...