Home » Dunia» Sejarah» Ditemukan Desa Kuno Berusia 14.000 Tahun di Kanada

Ditemukan Desa Kuno Berusia 14.000 Tahun di Kanada

. . Tidak ada komentar:
Kisah-kisah peradaban manusia dari masa lampau memang selalu membuat penasaran banyak orang. Cerita semacam ini biasanya hanya dituturkan secara lisan dari mulut ke mulut hingga tetap membekas sampai saat ini. Oleh karena itu, cukup susah untuk membuktikan apakah cerita tersebut benar-benar pernah ada atau hanya dongeng belaka. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membenarkan suatu cerita sejarah adalah dengan mencari bukti-bukti yang masih tersisa sampai kini.
 Penemuan desa kuno di Kanada
Penemuan desa kuno di Kanada
Baru-baru ini sebuah desa kuno diyakini menjadi salah satu pemukiman manusia tertua yang pernah teridentifikasi di Amerika Utara ditemukan oleh para pekerja selama penggalian di sebuah pulau terpencil di British Columbia. Desa yang diperkirakan telah berusia 14.000 tahun itu ditemukan pada celah-celah berbatu di Triquet Island, sekitar 500 kilometer barat lau dari Victoria, Kanada. Diperkirakan usia desa tersebut lebih tua dari piramida Mesir.

Menurut laporan CTV Vancouver Island News, para ilmuan mengatakan artefak yang ditemukan saat penggalian, meliputi alat khusus untuk menyalakan (membuat) api, kait ikan dan tombak dari zaman es. Hal ini menurut para peneliti, menggambarkan bagaimana peradaban dimulai di Amerika Utara.

Alisha Gauvreau, seorang mahasiswa PhD bidang antropologi di University of Victoria dan sekaligus peneliti di HAKAI Institute, yang menjadi bagian anggota dari tim penggalian tersebut mengatakan kepada televisi Kanada: “Saya ingat saat pertama kali menemukan benda kuno tersebut dan kita hanya bisa duduk diam termenung, holy moly, ini sangat tua. Pikiran kita langsung tertuju bagaimana cara Amerika Utara pada waktu itu pertama kali dihuni”.

Para ahli percaya migrasi manusia besar-besaran mungkin telah terjadi di garis pantai British Columbia. Penemuan ini juga sesuai dengan sejarah lisan dari Bangsa Heiltsuk, sebuah sistem pemerintahan bangsa pertama di British Columbia. Menurut tradisi lisan Bangsa Heiltsuk, kisah dari desa-desa pesisir kuo telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Sumber: The Independent

√Baca Juga√

Loading...