Index Labels

Home » Pengetahuan Umum» Empat Kunci Mendidik Anak Jadi Lebih Baik Tanpa Kekerasan

Empat Kunci Mendidik Anak Jadi Lebih Baik Tanpa Kekerasan

.
Menjadi orangtua bukanlah perkara mudah. Beberapa orang mungkin menganggapnya sederhana, namun dalam kenyataannya ada banyak situasi-situasi sulit yang memerlukan pendekatan khusus dan hal ini tidak boleh diremehkan karena akan berpengaruh terhadap tumbuh-kembang karakter si anak itu sendiri. Model pendidikan semasa kecil akan berpengaruh besar terhadap karakter dan perilaku si anak saat dewasa nanti.
Kunci mendidik anak
Keakraban ibu dan anak
Anak kecil yang dididik dengan kekerasan atau memiliki orangtua yang memiliki perwatakan keras cenderung akan bermental cengeng dan biasanya akan berwatak keras pula nantinya. Alangkah baiknya kita sebagai orangtua harus bijaksana dan memahami betul bagaimana mendidik anak dengan baik dan benar. Jadilah guru sekaligus teman yang baik untuk anak-anak anda, berikut empat kunci mendidik anak agar menjadi lebih baik dengan mengesampingkan kekerasan:

1. Beri kesempatan pada anak

Saat terjadi suatu masalah, seringkali orangtua langsung menghakimi dan menyalahkan anak tanpa mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Berikanlah kesempatan pada anak untuk menjelaskan situasi yang sebenarnya sebelum Anda mengatakan atau melakukan sesuatu. Hal ini akan melatih anak untuk memahami arti tanggung jawab pada diri sendiri dan menyadari perilaku salah yang dilakukannya, jika memang ia melakukan suatu kesalahan. Bicaralah secara tegas pada anak dan jangan sekali-kali menggunakan kekerasan.

2. Cobalah melihat segala sesuatunya dari sudut pandang mereka (empati)
Cobalah untuk memahami segala sesuatunya dari sudut pandang si anak, setiap kali mereka melakukan sesuatu yang salah. Hal ini akan membantu Anda memahami mengapa mereka melakukan hal yang demikian itu.

3. Menganalisis situasi dan keadaan
Setiap kali anak melakukan suatu kesalahan dan Anda belum begitu yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya, pikirkanlah dengan tenang sebelum memberi mereka hukuman. Terkadang, hal ini merupakan proses dari belajar dan tumbuh kembang mereka. Anak-anak seringkali mudah penasaran dan selalu ingin tahu segalanya.

4. Berbicaralah dengan mereka
Jangan pernah mengancam anak untuk patuh karena takut. Jangan membatasi diri sendiri, berbicaralah langsung pada anak dengan jujur dan semua akan baik-baik saja. Hal ini penting untuk menciptakan ikatan antara Anda dan anak, yang bagus untuk perkembangan karakter mereka. Selalu ingat, masa depan anak sangat berpengaruh bagaimana model pendidikan orangtua saat mereka anak-anak sampai dewasa.

Baca Juga

Loading...