Home » Dunia» Travelling» Lahaina Noon, Saat Bayangan Sinar Matahari Menghilang

Lahaina Noon, Saat Bayangan Sinar Matahari Menghilang

. . Tidak ada komentar:
Fenomena Lahaina Noon di Hawaii
Fenomena Lahaina Noon di Hawaii
Perhatikan, ada yang aneh dari foto di atas?. Matahari memang bersinar seperti yang Anda lihat pada gambar, tapi kenapa tidak nampak bayangan sama sekali pada tiang berwarna kuning?. Mungkin Anda akan menduga seseorang telah mengedit gambar tersebut, dengan mengambil tiang dari gambar lain dan menyisipkannya pada foto. Namun faktanya,  foto di atas adalah benar-benar nyata (tanpa rekayasa) dan diambil di Hawaii.

Alasan kenapa bayangan tiang tidak nampak disitu adalah karena matahari bersinar tepat di atas kepala. Masyarakat setempat menyebut fenomena ini dengan Lahaina Noon. Hawaii adalah satu-satunya negara di Amerika Serikat yang mengalami peristiwa ini, terjadi dalam kurun dua kali setiap tahun. Namun bukan satu-satunya tempat di bumi ini, di belahan dunia lain juga ada fenomena-fenomena semacam ini.

Titik Bumi adalah penyebab fenomena tersebut terjadi. Saat Anda sedang membaca artikel ini, titik bumi terus bergerak melintasi permukaan bumi, lantaran efek dari perputaran rotasi bumi. Mungkin saja, saat ini fenomena Lahaina Noon sedang terjadi di tengah-tengah lautan, di padang pasir, atau di tempat-tempat lain yang tidak diketahui.

Ilustrasi terjadinya fenomena titik subsolar
Ilustrasi terjadinya fenomena titik subsolar
Dalam ilmu astronomi, titik bumi ini disebut dengan istilah subsolar. Pada titik subsolar tersebut sinar matahari memancarkan sinarnya persis tegak lurus di atas permukaan bumi, sehingga setiap objek apapun yang posisinya vertikal akan nampak seperti tidak memiliki bayangan. Sedangkan sebutan “Lahaina Noon” berasal dari Museum Uskup di Hawaii, merujuk ke ibukota Hawaii tua yang bernama Lahaina, di pulau Maui. “La haina” berarti “matahari yang kejam” dalam bahasa Hawaii.

Saat bumi berputar, titik subsolar akan bergerak ke arah barat, mengelilingi seluruh bumi sekali dalam sehari. Titik bumi juga akan bergerak ke arah utara dan selatan antara Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn. Ketika titik subsolar berada pada Tropic of Capricorn, maka hal itu dinamakan dengan titik balik matahari Desember dan titik balik matahari Juni adalah pada saat titik subsolar berada pada Tropic of Cancer. Demikian pula, Maret dan September ekuinoks terjadi ketika titik subsolar melintasi khatulistiwa.
Fenomena Lahaina Noon
Warga setempat sedang mengamati fenomena Lahaina Noon (Credit)
Tanggal terjadinya fenomena Lahaina Noon selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun. yang pertama terjadi pada bulan Mei, dan yang kedua terjadi pada bulan Juli. Waktu terjadinya biasanya antara pukul 12:16 – 12:43 pm Waktu Standar Hawaii-Aleutian.

√Baca Juga√

Loading...