Home » Kecantikan» Kesehatan» 4 Masalah Umum pada Kulit dan Cara Pengobatan Alaminya

4 Masalah Umum pada Kulit dan Cara Pengobatan Alaminya

. . Tidak ada komentar:
Kulit adalah salah satu bagian dari organ tubuh manusia terluar yang berfungsi untuk melindungi bagian organ tubuh lainnya yang berada di dalam. Lebih jauh lagi, kulit juga bisa menjadi cerminan fisiologis seperti apa kita sebenarnya di mata orang lain. Oleh karena itu, kesehatan kulit haruslah senantiasa dijaga selalu sehingga tidak rentan terserang masalah yang berkaitan dengan kulit.
Bintik-bintik coklat di wajah
Bintik-bintik coklat di wajah
Beberapa masalah kulit yang sudah parah tetap harus memerlukan bantuan profesional, namun sebagian besar masalah yang umum dialami orang sebenarnya dapat ditangani sendiri di rumah dengan perawatan yang tepat dan alami. Di bawah ini adalah empat masalah kulit yang umum dialami orang berikut cara pengobatanya secara praktis dan alamiah.

1. Bintik coklat dan kemarah-merahan akibat paparan sinar matahari
Bintik-bintik coklat atau rona merah pada kulit adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi banyak orang. Dalam hal ini, kulit putih cenderung lebih rentan terbakar (sunburn) daripada kulit yang dasarnya coklat atau hitam. Jika kondisinya belum terlanjur parah, Anda bisa melakukan pengobatannya sendiri secara alami di rumah dengan lidah buaya. Ambilah gel daun lidah buaya dan oleskan di seluruh area muka setiap pagi dan di malam hari. Hindari paparan langsung sinar matahari secara berlebihan.

2. Jerawat
Penyebab jerawat bisa berbagai macam, misalnya karena pengaruh dari hormon, gaya hidup yang salah, pencernaan, kebiasaan makan dan paparan sinar matahari adalah penyebab utamanya. Disamping tindakan pencegahan seperti diet sehat dan rutinitas perawatan kulit biasanya, ada banyak cara pengobatan alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan cuka sari apel dan daun kemangi.

- Ambil cuka sari apel secukupnya lalu oleskan di area wajah yang terkena (ada jerawatnya);
- Daun kemangi secukupnya dilumatkan (dibuat pasta) lalu oleskan pada wajah yang ada jerawatnya. Lakukan prosedur ini setiap malam sebelum tidur;
- Kedua bahan di atas dapat membantu mengontrol minyak berlebih penyebab jerawat dan memiliki sifat antiseptik;
- Gel daun lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengeringkan dan menyembuhkan jerawat karena memiliki sifat antiseptik dan antijamur alami serta dapat mendinginkan kulit.

3. Pigmentasi
Pigmentasi adalah masalah kulit umum diantara populasi orang yang berkulit gelap. Pigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Hal itu terjadi terutama karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Bintik-bintik pigmen terlokalisir dapat membuat kulit terlihat kusam dan bahkan sulit diobati. Oleh karena itu, langkah terbaiknya adalah dengan melakukan tindakan pencegahan dari paparan secara langsung sinar matahari itu sendiri.

Selalu pakailah tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah, terutama saat sinar matahari tengah panas-panasnya seperti saat ini. Oleskan tabir surya sekitar 20 menit sebelum berangkat keluar dari rumah. Tabir surya tidak terserap ke dalam kulit, namun sifatnya hanya sebagai pelindung kulit saja. Oleh karena itu diperlukan waktu agar bahan pelindung tersebut bisa diaktifkan pada kulit.

4. Pori-pori yang tersumbat

Orang yang memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi lebih rentan mengalami pori-pori tersumbat karena efek dari minyak yang menarik partikel-partikel dari luar. Alasan lainnya adalah,orang yang memiliki kulit berminyak seringkali memiliki bentuk pori-pori yang lebih besar. Pori-pori yang tersumbat juga bisa menjadi penyebab munculnya komedo di wajah.

Proses eksfoliasi (pengelupasan kulit) adalah satu-satunya cara pengobatan dan sekaligus tindakan pencegahan dari masalah ini. Lakukanlah eksfoliasi dengan pijatan scrub secara lembut pada kulit seminggu sekali. Bahan-bahan scrub wajah bisa dibuat dari oatmeal, tepung gram, kunyit, madu, minyak sawi, dan susu.

Di atas adalah beberapa masalah kulit umum yang sering kita alami setiap hari. Kebayakan dapat ditangani dengan pengobatan rumahan sederhana, namun beberapa juga tetap harus memerlukan bantuan profesional. Untuk memperoleh hasil yang baik dan maksimal, perawatan harus dilakukan secara rutin setiap hari. Selalu ingat hukum alam, bahwa apapun yang dirawat dan dijaga pasti akan terlihat lebih indah dan sehat. Bahkan hukum ini juga berlaku pada tanaman yang kita tanam, bunga di rumah Anda misalnya.

√Baca Juga√

Loading...