Index Labels

Home » Kesehatan» 6 Tips Mudah Membersihkan Darah Tanpa Perlu Biaya Mahal

6 Tips Mudah Membersihkan Darah Tanpa Perlu Biaya Mahal

.
Tahukah Anda berapa biaya cuci darah saat ini?. Menurut informasi yang saya dapat, biaya cuci darah (hemodialisis) sekarang sudah mencapai Rp800 ribuan sampai Rp2 jutaan per sesi, dalam seminggu biasanya dilakukan cuci darah dua sampai tiga kali. Keadaan ini bisa terjadi jika pasien telah mengalami kerusakan ginjal tahap akhir atau penurunan fungsi ginjal secara keseluruhan. Maka salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan ginjal secara teratur dari penumpukan limbah yang mengendap di dalam tubuh.
Membersihkan darah kotor
Ilustrasi aliran darah
Kenapa ginjal seseorang bisa rusak? Salah satu penyebab utamanya adalah dari gaya hidup buruk yang tidak disadari. Ginjal dan hati kita akan bekerja terlalu keras membersihkan sisa-sisa limbah dalam tubuh saat kita mengonsumsi makan-makanan yang tidak alami atau mengandung senyawa kimiawi berbahaya. Maka, lama-kelamaan ginjal yang dipaksa bekerja terlalu berat tersebut akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan rusak. Sehingga tubuh tidak mampu lagi membersihkan toksin dan harus dibersihkan secara manual melalui tangan-tangan dokter. Sebelum hal ini terjadi, maka sebaiknya kita harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dengan konsisten menjalani gaya hidup yang sehat.

Proses kerja ginjal dalam membersihkan darah dari endapan toksin atau limbah tubuh dapat kita maksimalkan dengan beberapa tips sederhana. Untuk hidup sehat, kita perlu menjaga agar darah tetap bersih dan bebas dari semua kotoran termasuk toksin dan jenis limbah lainnya yang masih tersisa di dalam tubuh. Sehingga, langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan berhenti mengirimkan zat beracun ke dalam tubuh. Berhenti merokok (jika Anda saat ini adalah perokok) dan berhenti pula dari mengonsumsi minuman dan makan-makanan olahan, beralihlah ke cara-cara alami seperti yang dilakukan orang-orang tua zaman dahulu. Dan berikut ini beberapa tips mudah untuk membersihkan darah dari toksin dan sekaligus menjaga agar ginjal serta orgtan-organ tubuh lainnya senantiasa tetap sehat selalu.

Tips #1
Minum air putih dalam jumlah cukup adalah salah satu hal paling pokok dalam proses menjaga darah tetap bersih. Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari untuk membantu tubuh mengeluarkan limbah dari dalam sistem pencernaan kita.

Tips #2
Gunakan ramuan herbal. Akar gobo atau burdock diketahui merupakan pemurni darah alami. Semanggi merah juga sangat bagus untuk membersihkan darah. selain itu, Chapperal juga bermanfaat untuk memurnikan darah. Namun sebelum menggunakan tanaman herbal ini, disarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tips #3
Makanlah bawang putih mentah secara teratur. Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat membersihkan racun dari dalam tubuh kita. Hati mendapat stimulasi dan mengeluarkan detoksifikasi enzim yang dapat mengeluarkan racun tercampur dalam darah.

Tips #4
Puasa adalah cara lain yang sangat baik untuk membantu tubuh menghilangkan racun yang bersarang di dalam darah. Minumlah jus lemon, jus bit dan jus wortel serta perbanyak minum air saat berbukanya. Hal ini bermanfaat untuk memasok nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Selama berpuasa, tubuh juga akan melakukan proses penyembuhan dan perbaikan beberapa jenis kerusakan yang terjadi dalam tubuh.

Tips #5
Kandungan serat yang ada dalam buah apel dapat mengikat kolsterol dan bahkan logam berat. Hal ini pada prosesnya juga akan membantu membersihkan usus dan darah juga.

Tips #6
Mengunyah daun kemangi mentah-mentahan juga bekhasiat untuk memurnikan darah yang kotor. Selain itu, juga bermanfaat dalam membantu membersihkan racun yang terakumulasi di ginjal dan hati.

Baca Juga

Loading...