Home » Kesehatan» Ini yang Terjadi Jika Anda Jalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari

Ini yang Terjadi Jika Anda Jalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari

. . Tidak ada komentar:
Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab utama banyaknya kematian di seluruh dunia. Kesadaran akan hal ini ternyata belum dipahami oleh kebanyakan orang , apakah Anda salah satunya yang malas bergerak dan kurang berolahraga?. Jika iya, maka sudah saatnya Anda merubah pola hidup menjadi lebih baik dan lebih menyehatkan. Salah satu cara mudah menjaga dan memaksimalkan kesehatan tubuh adalah dengan berjalan kaki. Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda jalan kaki?
Jalan kaki
Jalan kaki (Sumber gambar)
Duduk berlama-lama dapat memengaruhi banyak hal pada kesehatan tubuh anda secara keseluruhan. Gaya hidup yang dominan kurang bergerak dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan dan mempersingkat rentang usia hidup. Sebelum terlambat, kuatkanlah niat untuk meubah gaya hidup yang lebih baik dan mulai sekarang, biasakanlah berolahraga atau berjalan kaki secara rutin setiap hari. Aktivitas sederhana seperti jalan kaki ternyata manfaatnya sangat luar biasa, membantu menurunkan berat badan, menghilangkan stres, mengurangi tekanan darah tinggi dan menormalkannya, dan juga dapat mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit.

Jika Anda mampu berjalan sebanyak 10.000 langkah setiap hari, maka hal itu akan lebih luar biasa lagi. Berikut ini beberapa manfaat menakjubkan yang akan Anda dapatkan:

1. Jantung tetap sehat sampai usia lanjut
Berjalan cepat dapat membuat ritme pernafasan lebih cepat pula. Karena hal ini, oksigen yang kita hirup akan lebih banyak dan saat jantung berdetak lebih cepat, maka sirkulasi oksigen mencapai jantung akan bertambah cepat. Dampaknya, jantung akan senantiasa selalu sehat secara kontinyu dilatih dan oksigen berikulasi dengan lancar.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit
Gaya hidup yang aktif dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker usus besar, kanker payudara, dan lain-lain.

3. Mengontrol berat badan tetap ideal
Memiliki tubuh yang langsing bukan hanya tentang menurunkan berat badan tetapi juga menjaga berat badan tetap sehat atau ideal. Berjalan secara teratur membantu mempertahankan berat badan ideal anda dan sekaligus menjaga kondisi fisik tetap prima.

4. Memperbaiki mood

Bagi Anda yang memiliki suasana hati tidak stabil, suka marah-marah tidak jelas, gampang pusing, kurang bahagia, merasa tertekan, dan lain-lain. Maka Anda perlu berjalan kaki secara teratur setiap hari untuk “memodifikasi” sistem saraf menjadi lebih penyabar dan lebih bahagia. Jangan biarkan sifat-sifat negatif semacam ini bersemayam di dalam tubuh, karena dampaknya sangat berbahaya.

5. Meningkatkan daya pikir dan kreativitas
Seperti sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Of Experimental Psycholog, Learning, Memory and Cognition, berjalan kaki terbukti dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Oleh karena itu, jika Anda merasa terjebak di tempat kerja atau merasa tidak dapat menemukan solusi untuk masalah tertentu, beristirahatlah dan berjalan-jalan di sekitar. Anda akan menemukan ide yang tidak terduga-duga di saat itu.

6. Mencegah risiki varises

Seiring bertambahnya usia, risiko seseorang terkena varises akan semakin meingkat. Berjalan adalah salah satu cara yang sudah terbukti dapat mencegah gejala varises tidak muncul. Jalan kaki membantu memperkuat sistem peredaran darah sekunder dengan melestarikan otot kaki dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Jika Anda belum mampu melakukan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap hari, maka Anda bisa mengawalinya dari sedikit demi sedikit, namun dilakukan secara rutin setiap hari. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dan berjalan kaki sebanyak apapun tidak akan begitu terasa. Selamat mencoba dan nikmati hidup yang sehat!.

√Baca Juga√

Loading...