Index Labels

Home » Kecantikan» Kesehatan» Ramuan Herbal» Penyebab Bibir Hitam dan 6 Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab Bibir Hitam dan 6 Cara Mengatasinya Secara Alami

.
Memiliki bentuk bibir yang merah dan lembut merupakan dambaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Terlebih untuk para kaum wanita, hal itu sedikit banyak akan menambah kecantikan mereka. Beberapa orang memiliki warna bibir yang gelap karena sudah bawaan dari lahir, dan sebagian lain lagi disebabkan karena banyak faktor seperti gaya hidup yang buruk, paparan sinar matahari, alergi, keadaan tubuh yang sudah menua, dan lain-lain.
Bibir berwarna hitam dan gelap
Bibir berwarna hitam dan gelap
Namun kabar baiknya, warna bibir yang hitam masih bisa diatasi dengan metode yang cukup mudah dan dengan bahan-bahan alami yang bisa didapat di rumah. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir lagi dan jangan sampai hal itu membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Lebih lanjut terkait penyebab warna bibir yang gelap, berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Penyebab Warna Bibir Menjadi Hitam atau Gelap
Tahukah Anda, penggunaan pasta gigi yang tepat sangatlah penting karena saat Anda menyikat gigi, pasta gigi tersebut pasti bersentuhan dengan bibir. Bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam pasta gigi (odol) dapat membakar dan membuat warna bibir menjadi hitam atau gelap. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan Pasta gigi herbal alami.

Melindungi bibir dari paparan sinar UV juga sangat penting untuk menjaga bibir tetap lembut dan cerah alami. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya khusus untuk melindungi bibir saat berada di luar rumah. Penggunaan jenis lipstik biasa dapat membuat warna bibir bertambah gelap. Sehingga Anda bisa menggantinya dengan lip gloss alami atau lip stain.

Kondisi bibir yang sering mengering juga bisa membuat warnanya menjadi lebih hitam dan gelap. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga agar bibir tetap lembab setiap saat dengan Lip Butter atau jenis pelembab lainnya yang sesuai. Dan juga, satu hal penting yang harus diingat adalah, segeralah hapus makeup bibir setiap kali Anda di rumah. Gunakanlah minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak jojoba untuk membersihkan bibir anda dan membuatnya tetap lembut serta kenyal. Berikut beberapa metode perawatan alami untuk mengatasi bibir yang hitam dan gelap agar menjadi berwarna merah dan cerah kembali.

1. Jus Buah Bit dan Gliserin
Ambil satu buah bit lalu Anda jadikan jus dan simpan di lemari es agar megental selama beberapa hari. Kemudian ambil sekitar 1 sendok tehnya dan campurkan dengan 1/3 sendok teh gliserin, lalu oleskan secara merata ke bibir anda. Selain bisa membuat warna bibir menjadi merah dan lembut alami, Campuran ini juga bisa menggantikan lipstik berbasis bahan kimia yang mungkin saat ini masih Anda gunakan.

2. Mentega dan Madu
Campurkan ½ sendok mentega yang dilunakkan dengan ½ sendok madu. Oleskan dan pijatkan campuran ini pada bibir anda yang sudah dibersihkan setiap malam sebelum tidur. Jika digunakan secara teratur, hanya dalam hitungan minggu Anda akan langsung sudah bisa melihat perubahannya. Mentega bertindak sebagai pelembab efektif alami dan madu menghidrasi bibir serta membantu melawan infeksi apapun.

3. Lemon dan Madu
Lemon memiliki sifat meringankan dan pemutihan alami pada bibir. Campur sekitar ½ sendok jus lemon dengan 1 sendok makan madu, lalu oleskan campuran ini di bibir anda dan Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Usaplah dengan kain basah dan lembabkan bibir anda dengan lip balm.

4. Minyak Zaitun dan Gula
Campur 1 sendok minyak zaitun dengan 1 sendok gula, lalu gosokkan campuran ini ke bibir secara lembut dengan gerakan melingkar. Cara ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan sekaligus melembutkan bibir anda. Terakhir, usaplah dengan kain basah dan lembabkan dengan lip balm.

5. Aloe Vera dan Yogurt
Tambahkan 1 sendok yogurt ke dalam 1 sendok jus lidah buaya. Campur secara merata, oleskan dan pijatkan ke bibir selama 5-6 menit dengan gerakan melingkat. Biarkan selama kurang lebih sepuluh menit dan baru kemudian dibersihkan dengan air bersih. Baik yogurt dan lidah merupakan sumber ideal untuk menutrisi kulit.

6. Kopi dan Madu
Campur ½ sendok bubuk kopi murni dengan ½ sendok madu. Gosok bibir anda dengan campuran ini dengan gerakan melingkar yang lembut namun mantap. Setelah menggosok selama 2-3 menit, biarkan selama 30 detik baru kemudian dibersihkan dengan air bersih. Butiran kopi berkhasiat untuk mengelupas kulit dan sementara madu bersifat melembabkan, membuat bibir lebih lembut dan merah muda alami.

Baca Juga

Loading...