Index Labels

Home » Blogging» Tiga Alasan Utama Kenapa Loading Website Harus Cepat

Tiga Alasan Utama Kenapa Loading Website Harus Cepat

.
Salah satu alasan dan tujuan utama suatu website atau blog dibuat adalah untuk para pengguna. Seorang webmaster menciptakan websitenya tentu bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan yang paling utama adalah agar orang-orang yang memerlukan informasi dapat dengan mudah menemukan websitenya baik secara langsung maupun lewat mesin pencari. Jika sudah berhubungan dengan orang bayak, tentu yang paling harus dipentingkan adalah kualitas dari website itu sendiri. Sehingga para pengunjung merasa puas dengan informasi apa yang kita sajikan.
Kecepatan loading website atau blog
Kecepatan loading blog halaman depan kampungbaca.com
Salah satu faktor penting yang berkaitan dengan kualitas adalah kecepatan loading website. Terlebih kecepatan internet di Indonesia yang saat ini masih tergolong rata-rata bahkan lambat, maka kecepatan loading website haruslah benar-benar diperhatikan agar para pengunjung yang datang tidak merasa jengkel dan batal mampir karena proses muat web yang terlalu lama. Kecepatan loading web itu penting sekali, namun ternyata masih banyak para Blogger yang kurang memerhatikan akan hal ini. Bahkan baru-baru ini Google pun sampai menyarankan kepada para blogger agar beralih ke blog AMP (Accelerated Mobile Page), yaitu suatu metode baru untuk mengoptimalkan kecepatan website, karena begitu pentingnya kecepatan loading sebuah website. Berikut ini tiga asalan paling utama, kenapa kecepatan loading website atau blog harus cepat:

1. Meningkatkan Pengalaman Pengguna (User Experience)
Kecepatan loading website yang cepat dapat membuat pengunjung merasa puas dan betah berlama-lama untuk melihat-lihat maupun membaca konten-konten yang ada di website kita. Hal ini secara tidak disadari, mereka akan berkeinginan untuk melihat konten lain misalnya artikel terkait atau banner informasi yang terpampang di website. Hal ini disebabkan karena bawah sadar pengunjung telah memberikan feedback positif yang dapat menampik rasa kekhawatiran. Rasa kekhawatiran tersebut misalnya mereka menggunakan batasan kuota untuk internet (Ngerti kan apa yang saya maksud?).

2. Meningkatkan Performa SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu hal yang paling “Didewakan” oleh para webmaster di seluruh dunia. Karena performa SEO yang bagus merupakan barometer penting dalam mengelola sebuah blog. Kecepatan loading website yang bagus ternyata juga dapat meningkatkan performa suatu website di mesin pencari. Bagaiman bisa? Jadi penjelasan mudahnya itu seperti ini, saat pengunjung mampir ke website atau blog kita dan menemukan bahwa loading webnya lumayan cepat, maka hal ini akan memberikan feedback positif kepada Bot mesin pencari dan memberikan nilai plus. Selanjutnya, mesin mencari sedikit demi sedikit akan menaikkan ranking website kita di mesin pencari dan akhirnya apa yang kita damba-dambakan (para blogger) bisa terpenuhi. Selain itu, beberapa informasi juga menyebutkan bahwa kecepatan loading website juga bisa terbaca oleh Bot yang merayapi halaman website kita. Sehingga dengan demikian, jika loading web kita lambat maka proses indeksnya di mesin pencari pun akan berlangsung lama.

3. Meringankan Beban Server Hosting
Tahukah Anda, kecepatan loading website yang teramat berat akan mengganggu kinerja server tempat kita menghosting website. Terlebih jika Anda menggunakan kuota bandwidth bulanan (bukan unlimited), maka bisa-bisa website kita di-suspend karena telah melebihi batas kuota, padahal pengunjungnya masih relatif sedikit. Batas kuota cepat habis hanya gara-gara kecepatan loading web yang lambat. Beda halnya jika kecepatan loading website kita cepat. Tidak hanya meringankan beban server, namun dampaknya juga dapat memberikan pengalaman pengunjung yang bagus.

Baca Juga

Loading...