Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Lima Manfaat Tangisan Bayi yang Jarang Disadari Orangtua

Lima Manfaat Tangisan Bayi yang Jarang Disadari Orangtua

.
Tak sedikit  orangtua langsung merasa gugup dan kurang sabaran jika mengetahui bayinya menangis, terlebih mereka yang baru saja menjadi orangtua atau memiliki anak pertamanya. Padahal menangis sebenarnya merupakan bahasa bayi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan orangtua maupun orang-orang terdekatnya. Dengan kata lain jika seorang bayi menangis, berarti ia sedang berusaha mengungkapkan sesuatu hal kepada orangtuanya.
Bayi menangis
Bayi menangis
Menangis pada anak seringkali juga diasosiasikan dengan sesuatu hal yang buruk atau mengganggu kenyamanan, namun tidak jika hal itu menyangkut pada bayi. Jangan sekali-kali menganggap tangisan bayi itu menjengkelkan, apalagi sampai marah-marah pada anak yang jelas-jelas tidak tahu-menahu apa-apa. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa menangis itu alami dan juga baik selama masih dalam tahap usia kanak-kanak. Berikut lima manfaat menangis pada bayi yang ternyata masih jarang disadari oleh para orangtua.

1. Membantu Membuka Rongga Paru-paru untuk Bernapas
Begitu bayi dilahirkan ke dunia ini, maka sedetik kemudian ia akan langsung menangis. Tangisan pertama pada bayi sangat penting guna membantu terbukanya rongga paru-paru agar mudah menghirup udara bumi untuk pertama kalinya.

2. Sebagai Sarana Berkomunikasi
Menangis pada bayi cukup banyak membantu dalam berkomunikasi. Sebelum bayi belajar bahasa orangtua, menangis merupakan alat satu-satunya untuk meminta sesuatu atau mengungkapkan sesuatu kepada orangtua. Jadi jangan langsung mendikte seorang bayi itu cengeng (suka menangis), padahal orangtuanya sendiri yang tidak tahu keinginan sebenarnya si anak.

3. Diam Tidak Menangis Justru Bisa Berbahaya
Sebenarnya jika seorang bayi tidak pernah menangis sama sekali, maka orangtua perlu waspada dan khawatir. Karena bayi sering menangis itu merupakan hal alami dan wajar. Jika ada bayi yang tidak atau jarang menangis, maka hal itu merupakan pertanda ia mengalami stres atau ada gangguan (masalah) dari dalam dirinya. Untuk mengetahui kondisi sebenarnya, maka harus segera diperiksakan ke dokter spesialis, apakah hal itu normal atau memang bayi mengalamai suatu masalah.

4. Olahraga
Percaya atau tidak, bahkan menangis pada bayi itu sebenarnya merupakan aktivitas olahraga (ala bayi). Saat bayi menangis, banyak otot-otot pada tubuh meregang dan hal itu bisa dikatakan sebagai salah satu aktivitas olaharaga yang baik untuk kesehatan bayi.

5. Menenangkan Suasana Hati
Menangis pada bayi juga bermanfaat untuk melepaskan beban emosi tertentu yang membuatnya merasa tidak nyaman. Bayi akan merasa lebih tenang dan terkontrol emosinya setelah beberapa saat menangis.

Baca Juga

Loading...