Home » Kesehatan» Minum Air Putih Sebelum Tidur Ternyata Tidak Dianjurkan

Minum Air Putih Sebelum Tidur Ternyata Tidak Dianjurkan

.
Air merupakan salah satu unsur paling penting bagi tubuh manusia. Saat kita tidak menyerap cukup H2O, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan seseorang menjadi gampang lelah dan kurang bersemangat. Bahkan juga bisa menyebabkan perasaan selalu lapar dan membuat wajah terlihat pucat tidak berseri. Sehingga secara mengejutkan, dampaknya juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tak terduga-duga.
Minum air putih sebelum tidur
Minum air putih sebelum tidur
Seorang ahli diet dari American College of Sports Medicine (ACSM), Jim White, merekomendasikan agar seseorang minum sebanyak 64 ons atau 8 ons per gelas air setiap harinya. Dengan mengonsumsi jumlah air yang disarankan, maka salah satu manfaatnya dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga berat tubuh tetap ideal. Namun dalam hal ini, kapan waktu yang bagus untuk minum air ternyata masih menjadi kebimbangan tersendiri bagi kebanyakan orang.

Seorang ahli nutrisi dan pakar kesehatan terkemuak Erin Palinski-Wade, mengatakan jika seseorang terlalu banyak minum air sebelum tidur, maka kemungkinan besar ia akan mengalami efek terbangun beberapa kali di tengah malam untuk buang air kecil. Tentu saja hal ini memiliki efek yang tidak bagus atau mengurangi kualitas tidur seseorang.

Seperti halnya air, tidur juga sebagai salah satu faktor kunci dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk menurunkan dan menjaga berat badan tetap ideal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dari Sleep Research Society, diketahui bahwa mereka yang tidur terlalu sedikit (5-6 jam) dan juga yang tidur terlalu banyak (9-10 jam) cenderung memiliki peningkatan risiko kenaikan berat badan dan bahkan lebih buruk lagi, obesitas.

Palinski-Wade menyarankan agar kita setidaknya tidak makan atau minum apapun selama tiga jam sebelum beranjak tidur. Dalam rentang waktu tersebut, tubuh akan memiliki kesempatan untuk memroses metabolisme dan buang air kecil pada waktunya. Terlepas dari itu semua, minum air putih dalam jumlah cukup sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, kecuali pada saat-saat yang disebutkan di atas atau waktu menjelang tidur.

√Baca Juga√

Loading...