Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Tak Banyak Tahu, Jambu Biji Ternyata Obat 17 Penyakit Ini

Tak Banyak Tahu, Jambu Biji Ternyata Obat 17 Penyakit Ini

.
Jambu biji obat
Salah satu buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita ini konon katanya berasal dari Brasil, yang dibawa dan ditanam ke tanah Indonesia. Jambu biji termasuk dalam keluarga Myrtaceae, yaitu teknik pengelompokan tanaman berdasarkan jenisnya masing-masing. Pohon jambu biji memiliki batang yang kokoh dan bercabang, daunnya berbentuk elips serta agak tebal dengan bunga harum yang berwarna putih.

Beberapa pohon jambu biji dapat tumbuh mencapai ketinggian antara 5-6 meter, meskipun rata-rata lebih pendek dari itu. Buahnya memiliki bentuk ovoid (oval seperti telur) dan berwarna kehijauan atau kekuningan (saat matang) pada bagian kulitnya. Dalam dunia industri makanan, buah jambu biji banyak digunakan sebagai selai atau jeli dan beberapa dijual langsung dalam bentuk kemasan jus segar. Produsen utama dari buah ini adalah Florida, California, Kuba, Brazil dan India.

Selain rasa manisnya yang khas alami, jambu biji juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan. Jambu biji diketahui sebagai tonik yang hebat untuk jantung dan bertindak sebagai obat penenang, sekaligus dapat mengendalikan sistem saraf dan mengatur kdar gula dalam darah. Jambu biji matang dicampur dengan madu berjhasiat dapat menyembuhkan sesak dada dan tenggorokan. Sementara pada daunnya bermanfaat untuk meredakan masalah pencernaan dan radang di perut. Banyak pula orang yang mangonsumsi teh daun jambu biji sebagai upaya pengobatan varises. Bila dikonsumsi secara teratur, jus jambu biji bisa meredakan inkontinensia urin dan mencegah peradangan di tubuh. Tinktur alkohol yang terdapat pada daun jambu biji bisa mengobati kejang dan epilepsi. Sementara pada daging buah atau isinya, merupakan obat yang ampuh untuk melawan kudis dan penyakit beri-beri.

Para ahli merekomendasikan agar kita setidaknya makan satu buah jambu biji setiap hari guna mencegah infeksi bakteri dan virus. Berkat komposisi kimia unik yang ada di dalamnya, jambu biji juga bisa mengatasi jerawat mencegah terjadinya pembentukan bekuan darah, sekaligus memerangi alergi dan menghilangkan gejala penyakit alzheimer.

Tak banyak orang yang tahu, selain yang sudah disebutkan di atas, ternyata jambu biji juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan 17 penyakit di bawah ini:

1. Jambu Biji Sebagai Obat Penyakit Gondok
Campur beberapa potong brokoli, 2 sendok makan gandum dan satu buah jambu biji matang. Jadikan jus lalu diminum sebagai obat penyembuh gondok alami dengan dosis segelas setiap hari sampai sembuh.

2. Jambu Biji untuk Menyembuhkan Penyakit Asma
Rendamlah potongan bawang merah dalam air (secukupnya) selama satu malam, kemudian tuangkan cairannya ke dalam blender bersamaan dengan segelas jus jambu biji, jeruk dan lemon. Minum ramuan ini rutin setiap hari dan Anda akan merasakan perbaikan yang cukup signifikan.

3. Jambu Biji Sebagai Obat untuk Iritasi Usus Besar
Rebuslah satu liter air, lalu tambahkan dengan 10 sendok makan daun jambu kering yang diremas-remas (dicincang) dan biarkan mendidih selama beberapa saat. Biarkan mendingin, baru kemudian disaring dan diminum airnya. Minum 3 cangkir seminggu teh daun jambu ini untuk meringankan gejala sindrom iritasi usus besar.

4. Jambu Biji untuk Menyembuhkan Asam Urat
Cuci, kupas dan potong 4 buah jambu biji ukuran sedang, lalu masukan potongan-potongannya ke dalam satu liter air mendidih. Biarkan selama kurang lebih 3 jam disana. Setelah itu, matikan pemanas dan biarkan dingin dengan sendirinya. Minumlah sebanyak satu gelas setiap hari selama 2 bulan untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit asam urat.

5. Jambu Biji untuk Menyembuhakn Flu
Tambahkan 2 buah jeruk, 1 biji lemon, 1 biji jambu, 1 sendok makan madu dan secangkir air ke dalam blender. Jus ramuan herbal ini menyediakan banyak vitamin C dan sekaligus dapat mengobati penyakit flu, pilek dan infeksi dalam tubuh.

6. Jambu Biji untuk Menyembuhkan Penyakit Kolesterol
Campurkan ½ cangkir jus jambu dengan ½ cangkir jus timun, lalu diminum sebanyak dua kali sehari untuk membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi.

7. Jambu Biji untuk Mengobati Diare
Rebus segenggam daun jambu biji dengan satu liter air selama 10 menit. Setelah itu saring airnya dan biarkan sampai dingin dengan sendirinya. Minumlah sebanyak 3-4 gelas sehari sampai dirasa ada perubahan lebih baik pada tubuh.

8. Jambu Biji untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Rebuslah 1 biji bawang merah dalam air selama 10 menit, lalu potong jambu menjadi bentuk-bentuk kecil. Peras juga 3 buah lemaon, 2 buah jeruk, 1 buah jeruk bali ke dalam gelas. Campurkan semuanya menjadi satu ke dalam blender dan giling selama beberapa saat sampai merata. Minum jus ini rutin setiap pagi pada saat perut masih kosong guna memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan berbagai infeksi.

9. Jambu Biji Sebagai Obat kolitis
Untuk mengobati penyakit kolitis, yang perlu Anda lakukan adalah minum segelas jus jambu yang dicampur dengan satu sendok makan madu setiap hari.

10. Jambu Biji Sebagai Obat Sakit Gigi
Cuci sampai bersih beberapa lembar daun biji dan kunyah-kunyah secara perlahan pada gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa saat lalu berkumurlah dengan air garam grasak (garam asli yang digunakan untuk campuran minuman ternak).

11. Jambu Biji Sebagai Obat Rambut Rontok
Rebuslah segenggam daun jambu biji dalam satu liter air sampai warnanya berubah menjadi coklat agak kehitam-hitaman. Air rebusannya ini digunakan sebagai sampo alami, yang dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat secara perlahan. Lakukan prosesi ini dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

12. Jambu Biji Sebagai Obat Diabetes
Cucilah 2 buah jambu biji dan rendam dalam 500 ml air bersih selama satu malam. Saring airnya di pagi hari dan minum beberapa kali dalam sehari sampai habis. Ulangi cara ini sampai dirasa ada perbaikan.

13. Jambu Biji untuk Mengobati Jerawat dan Bisul
Campurkan segenggan daun jambu biji dengan sedikit air ke dalam blender, giling sampai diperoleh hasil cream yang lembut. Oleskan sebagai masker wajah dan biarkan sampai mengering sendiri. Baru kemudian dibilas dengan air sampai bersih. Ulangi rutinitas ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Biasanya jerawat yang disebabkan karena bakteri atau selain masalah hormonal akan langsung ketara hasilnya.

14. Jambu Biji Sebagai Obat Demam
Rebuslah lima lembar daun jambu biji dengan satu liter air bersih. Setelah itu biarkan saja sampai menjadi dingin dengan sendirinya, lalu diminum semuanya pada siang hari.

15. Jambu Biji untuk Menurunkan Berat Badan
Jambu biji diambil isinya saja dan tambahkan dengan jus jeruk, giling sampai halus dan merata. Minumlah campuran ini pada pagi hari saat perut masih kosong.

16. Jambu Biji Sebagai Obat untuk Meningkatkan Trombosit
Campur 3 buah jambu biji dengan madu secukupnya, lalu di-blender sampai halus menjadi jus. Minum campuran ini dua kali dalam sehari guna meningkatkan jumlah trombosit darah Anda.

17. Jambu Biji untuk Mengatasi Bau Tidak Sedap Daerah Kewanitaan
Tambahkan 10 lembar daun jambu biji dalam satu liter air mendidih. Biarkan sampai dingin lalu gunakan airnya untuk mencuci daerah kewanitan anda dua kali sehari.

√Baca Juga√

Loading...