Home » Pengetahuan Umum» Tingkat IQ Masa Kecil dan Kaitannya dengan Usia Seseorang

Tingkat IQ Masa Kecil dan Kaitannya dengan Usia Seseorang

.
Jika Anda memiliki anak yang terbilang cukup cerdas dan memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi dari rata-rata usianya. Menurut sebuah penelitian, kemungkinan besar dia akan memiliki rentang usia yang lebih lama (umur panjang) dibandingkan dengan anak-anak lain dengan tingkat IQ yang lebih rendah. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat IQ lebih tinggi pada masa kanak-kanak berkaitan dengan risiko kematian dini lebih rendah yang disebabkan karena penyakit jantung, stroke, kanker terkait merokok, penyakit pernafasan, dan demensia.
Bayi cerdas
Ilustrasi bayi bermain laptop
“Penelitian ini menegaskan bahwa hasil tes kecerdasan di masa kanak-kanak berkaitan secara signifikan dengan risiko kematian dini (saat anak tersebut dewasa nantinya). Yang terpenting, studi ini menunjukkan bahwa IQ masa kecil terkait kuat dengan penyebab kematian, pada sebagian besar, bergantung pada faktor risiko yang sudah diketahui”, kata Daniel Falkstedt, seorang Asisten Profesor di Institut Karolinska, Swedia.

Tim peneliti dari Universitas Edinburgh, meneliti hubungan antara skor tes kecerdasan yang diukur pada usia 11 tahun dan penyebab utama kematian pada pria dan wanita sampai rentang usia 79 tahun. Sebelumnya hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal The BMJ (British Medical Journal).

Temuan mereka didasarkan pada data 33.536 pria dan 32.229 wanita yang lahir di Skotlandia pada tahun 1936, yang telah menjalani tes kecerdasan tervalidasi pada usia 11 tahun, dan yang bisa dikaitkan dengan penyebab kematian sampai bulan Desember 2015.

√Baca Juga√

Loading...