Home » Kesehatan» 11 Manfaat Makan Sebutir Telur Saat Sarapan Setiap Hari

11 Manfaat Makan Sebutir Telur Saat Sarapan Setiap Hari

. . Tidak ada komentar:
Sarapan telur
Sarapan telur
Telur adalah sumber protein dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu butir telur berukuran besar mengandung sebanyak 70 kalori dan kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu menyetabilkan level dan struktur gula darah dalam tubuh. Telur juga menyediakan semua asam amino yang diperlukan tubuh dan kaya akan zat besi.

Tubuh kita menghasilkan setidaknya 11 asam lemak esensial agar bekerja dengan baik dan sempurna. Dalam hal ini, telur mengandung lebih dari 9 asam lemak yang juga sama diperlukan oleh tubuh. Bahkan telur juga bisa menjadi alternatif diet bagi Anda yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Mengganti menu sarapan dengan sebutir telur (berukuran besar) ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, termasuk diantaranya:

1. Perut Kenyang Lebih Lama
Kandungan protein dan lemak yang terdapat pada telur akan menjaga tingkat energi tetap stabil dan juga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan ini, Anda akan terhindar dari keinginan untuk ngemil dan akhirnya bisa makan lebih sedikit.

2. Sumber Protein
Semua yang ada dalam telur dianggap sebagai sumber protein terlengkap. Selain itu juga, telur mengandung semua asam amino esensial yang biasanya kita dapatkan dari sumber makanan sehari-hari.

3. Menurunkan Berat Badan
Telur mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjadi alternatif menu sarapan yang sempurna. Keinginan untuk ngemil dapat dikurangi, nafsu makan dapat dikontrol, dan akhirnya risiko untuk makan secara berlebihan juga diturunkan. Studi membuktikan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan akan mengonsumsi lebih banyak sisa-sisa kalori sepanjang hari itu, sehingga manfaatnya dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Selenium adalah nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid. Telur kaya akan selenium dan dengan mengonsumsi satu atau dua butir telur untuk sarapan dapat membantu melawan infeksi serta membantu sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

5. Menjaga Kesehatan Otak
Telur mengandung nutrisi penting yang disebut kolin, nutrisi ini berfungsi untuk membantu perkembangan dan kesehatan otak. Oleh karena itu, telur seringkali juga disebut sebagai makanan untuk otak. Studi membuktikan bahwa kurangnya kolin dapat menyebabkan gangguan neurologis dan penurunan fungsi kognitif. Kekurangan kolin juga dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit alzheimer. Dengan mengonsumsi telur secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolin tetap normal dan sekaligus melindungi kesehatan otak.

6. Meredakan Stres dan Kecemasan
Ada 9 jenis asam amino berbeda yang terdapat dalam telur berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dan juga mengatur pelepasan hormon serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang memberikan rasa relaksasi, ketenangan, dan suasana hati yang baik. Kekurangan asam amino ini efeknya dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang.

7. Mengatur Tingkat Kolesterol Tetap Normal
Satu butir telur mengandung kolesterol sebanyak 200 miligram, merupakan jumlah normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol dalam telur dianggap sebagai kolesterol yang baik. Manfaatnya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik.

8. Melindungi Kesehatan Mata
Telur mengandung dua antioksidan, leutin dan zeaxanthin yang dapat melindungi kesehatan mata dari kerusakan berhubungan dengan paparan sinar ultraviolet. Antioksidan ini akan membantu memperkuat retina mata sehingga dapat mencegah risiko pengembangan katarak di masa tua.

9. Memperbaiki Kulit dan Rambut
Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk kesehatan kulit, rambut, mata, dan juga hati. Dalam hal ini, telur sudah mengandung vitamin B kompleks yang disebut biotin. Vitamin ini membantu tubuh memetabolisme lemak dan karbohidrat untuk energi. Selain itu, biotin juga bisa memperbaiki kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

10. Memperkuat Tulang dan Gigi
Telur adalah salah satu dari sedikit sumber vitamin D selain sinar matahari, yang sangat penting bagai kesehatan dan kekuatan tulan serta gigi. Bitamin D juga dapat memicu penyerapan kalsium, yang penting untuk metabolisme, pencernaan, dan kesehatan jantung.

11. Mengurangi Risiko Kanker
Kolin, makronutrient yang membantu kesehatan fungsi liver juga bisa mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Perlu diingat bahwa kolin ditemukan pada bagian kuning dan bukan putihnya. Namun untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, baiknya semua bagian telur (kecuali kulit) dimakan sekaligus.

Mengetahui manfaat-manfaat di atas, baiknya mulai saat ini kita membiasakan diri makan telur saat sarapan setiap hari dan lebih bagus jika telur yang dipilih adalah jenis telur ayam kampung. Semoga bermanfaat, Salam hidup sehat dan sejahtera.

√Baca Juga√

Loading...